Cara Alami Untuk Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia Pada Malam Hari

Deka Levta

Cara Alami Untuk Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia Pada Malam Hari - Apakah Anda selalu susah tidur ketika malam hari? Apakah Anda baru bisa tidur setelah jam 12 malam? Lalu berbahayakah gejala susah tidur bila terjadi dalam waktu yang lama? Baca ulasan ini hingga selesai, dan Anda akan menemukan tips cara alami untuk mengatasi susah tidur malam hari.
Kurang tidur pasti akan mempengaruhi kesehatan dan mengganggu sistem kekebalan tubuh seseorang. Penelitian mengatakan bahwa orang yang sering kurang tidur atau memiliki kualitas tidur yang buruk lebih mudah sakit dibanding orang yang memiliki pola tidur yang baik. Kurang tidur bisa mempengaruhi regenerasi sel dan berdampak buruk pada proses penyembuhan yang disebabkan oleh penyakit atau infeksi. 

Cara Alami Untuk Mengatasi Susah Tidur
Selama kita tidur, sistem kekebalan tubuh bekerja melepas zat proteincytokines, sebuah zat yang akan bekerja ketika seseorang terserang infeksi, mengalami radang (inflamasi) atau ketika seseorang sedang mengalami stres. Sebaliknya, pada orang yang kurang tidur, produksi zat proteincytokines akan berkurang sehingga mengakibatkan sistem kekebalan tubuh akan berkurang drastis. 

Tubuh harus mendapatkan waktu istirahat yang cukup agar bisa melawan penyakit. Gangguan tidur yang terjadi dalam jangka waktu yang panjang akan meningkatkan resiko terserang berbagai gangguan atau penyakit, misalnya penyakit jantung, obesitas, diabetes, dan gangguan pada pembuluh darah /cardiovascular. 

Orang dewasa membutuhkan tidur setidaknya 7 hingga 8 jam dalam sehari semalam. Remaja membutuhkan tidur setidaknya 9 hingga 10 jam dalam sehari semalam. Anak-anak, membutuhkan tidur paling sedikit 10 jam dalam sehari semalam. Sebaliknya, tidur dengan waktu yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan.
Tips Cara Alami Mengatasi Susah Tidur Malam Hari:
  • Sebelum tidur, lakukan beberapa cara agar Anda merasa tenang dan rileks. Misalnya mandi air hangat, minum teh hangat, atau mendengarkan musik yang tenang.
  • Lakukan pelemasan otot (bukan pemanasan otot). Langkah pelemasan otot dilakukan agar otot-otot yang kaku menjadi rileks.
  • Jangan mengkonsumsi kopi pada sore dan menjelang waktu tidur.
  • Lemaskan otot-otot muka Anda dan jangan mengerenyitkan dahi Anda. Orang yang sedang berusaha keras untuk tidur biasanya akan mengerenyitkan dahi, dan itu benar-benar membuat Anda tidak rileks dan lebih susah untuk tidur.
  • Atur posisi tidur senyaman mungkin
  • Khusus untuk Anda yang benar-benar susah tidur pada malam hari, jangan tidur pada siang hari!!
  • Bangun pagi pada jam yang sama setiap harinya.
  • Lakukan olah raga secara teratur. Olah raga yang baik dilakukan minimal 15 menit dalam sehari.
Jika cara-cara tersebut tidak bisa mengatasi masalah tidur Anda, periksakanlah kondisi tersebut ke dokter. Dari pemeriksaan tersebut akan diketahui faktor yang menyebabkan Anda susah tidur. Jika dipandang perlu, dokter mungkin akan memberikan terapi atau pengobatan untuk mengatasi masalah tersebut.