Kebiasaan Makanan dan Minuman penyebab perut Buncit

Deka Levta

5 Kebiasaan Buruk Penyebab Perut Buncit - Banyak orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda-beda. Ada yang tidak memilik kebiasaan suka makan tapi memiliki badan gemuk, ada yang memiliki badan kecil tapi ternyata memiliki kebiasaan suka makan. Banyak orang berfikir, memiliki badan gemuk dikarenakan konsumsi makanan yang berlebih. Ada yang memiliki timbunan lemak dibagian lengan dan paha , ada juga timbunan lemak di perut yang pada umumnya di sebut buncit. Perut buncit di sebabkan oleh beberapa faktor, terkadang karena keturunan atau jugamungkin karena kebiasaan buruk yang sering kita lakukan. Berikut adalah kebiasaan buruk yang menjadi penyebab perut buncit: 

Kebiasaan Buruk Penyebab Perut Buncit

1. Minum-minuman bersoda

Berdasarkan penelitian, memiliki kebiasaan meminum minuman bersoda dapat menyebabkan lingkar pinggang semakin membesar secara cepat jika dibandingkan dengan tidak mengkonsumsi minuman bersoda. Soda memiliki kandungan gula yang cukup tinggi yang menjadi pemicu timbulnya nafsu makan yang tinggi. Segeralah kurangi kebiasaan ini karna kebiasaan ini bisa dikatakan sangat tidak mnyayangi tubuh sendiri.

2. Makan dengan piring besar

Piring yang besar dapat memicu seseorang untuk mengambil makanan lebih banyak sehingga membuat kita makan melebihi apa yang dibutuhkan oleh tubuh. Menurut penelitian , orang-orang yang umumnya memiliki obesitas adalah orang yang memiliki kebiasaan makan dengan piring besar. Maka ada baiknya kita utuk makan menggunakan piring yang tidak terlalu besar, sehingga porsi makan kita terjaga dan kita bisa mengurangi masalah buncit.

3. Makan tengah malam

Pada saat malam adalah waktu dimana kita akan beristirahat dan tidur. Secara alami tubuh akan membakar lemak saat kita tertidur, namun hal itu tidak akan bekerja dengan baik jika kita tidur dengan keadaan perut kenyang. Sehingga jika kita makan pada tengah malam akan menyebabkan penimbunan lemak pada tubuh kita, terutama pada perut. Hal ini bukan tidak boleh dilakukan. tapi alangkah baiknya jika kita mengurangi porsi makan pada tengah malam dan setelah itu tidak berbaring selama 3 jam setelah makan.

4. Makan ketika sedih dan marah

Terkadang banyak sekali orang yang ingin meluapkan emosi dengan makan yang berlebihan. Banyak orang yang berfikir hal ini adalah salah satu cara yang efektif. Dengan makan yang berlebihan akan berujung dengan tertimbunya lemak dalam tubuh, sehingga mengakibatkan perut membuncit. Ubahlah kebiasaan buruk ini dengan banyak minum air putih saat marah atau saat sedih.

5. Mengurangi waktu tidur

Banyak orang yang berfikir dengan begadang atau mengurangi waktu tidur akan membantu proses diet atau dapat membantu mengurangi berat badan tubuh. Tapi ternyata pemikiran banyak orang tersebut salah. Dengan kurangnya waktu tidur hal itu dapat memicu perut untuk lapar, dan dapat mendorong kita untuk makan berlebihan pada saat itu juga atau bahkan pada saat kita sudah terbangun. Maka penting untuk tidur di jam ideal dengan waktu yang cukup.