Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Sensitif tanpa Ribet

Deka Levta

Gigi sensitif memang tidak berbahaya, tapi gigi sensitif akan sangat mengganggu, terutama ketika kita sedang menyantap makanan yang terlalu dingin atau terlalu panas, misalnya es krim atau sup panas. Pada gigi yang sensitif, kita akan merasakan gigi yang ngilu secara tiba-tiba setiap kali kita memakan makan tertentu yang mengakibatkan selera makan langsung hilang saat itu juga. Gigi sensitif bahkan memyebabkan beberapa orang harus beprantang terhadap jenis makanan tertentu. 
Cara Mengatasi Gigi Sensitif

Penyebab Gigi Sensitif

Para ahli kesehatan gigi berpedapat bahwa dalam beberapa kasus, gigi sensitif disebabkan karena terdapat gigi yang terbuka. Penyebab gigi terbuka adalah terjadinya penipisan lapisan luar gigi yang menyebabkan dentin atau tulang gigi menjadi terbuka.
Gigi sensitif tidak selalu terjadi ada pada semua orang. Orang yang memiliki gigi sensitif biasanya memiliki ciri-ciri tertentu pada giginya, misalnya bentuk gigi yang tebal, dan gigi berwarna abu-abu atau kekuningan. Beberapa ciri-ciri tersebut adalah ciri-ciri gigi sensitif, walaupun tidak terjadi pada semua orang karena perbedaan daya tahan gigi pada masing-masing orang. Daya tahan gigi ditentukan oleh beberpa hal,misalnya faktor genetik, pola perawatan gigi, cara mengonsumsi makanan dan jenis makanan yang dikonsumsi.

Solusi Cara Mengatasi Gigi Sensitif

Penderita gigi sensitif sebaiknya menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Sedangkan untuk menghindari gigi sensitif menjadi kambuh, hindari makanan atau minuman yang terlalu panas, terlalu dingin atau terlalu manis.
Untuk gigi sensitif yang disebabkan karena gigi yang terbuka, satu-satunya cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gigi sensitif adalah dengan mengunjungi dokter spesialis gigi. Untuk perawatan gigi sensitif yang dikarenakan gigi yang terbuka, dokter gigi akan melakukan penambalan pada gigi yang terbuka. Sebelum melakukan penambalan, dokter akan mengikis permukaan gigi terbuka tersebut, lalu menambal gigi yang berlubang agar berbentuk normal sama seperti pada gigi yang sehat.

Panduan Cara Mencegah Gigi Sensitif

Untuk mencegah gigi sensitif, ada beberapa cara yang harus Ada lakukan, misalnya membersihkan gigi secara teratur, terutama setalah makan dan menjelang tidur. Dan ingat, selama gigi sensitif Anda belum mendapatkan pengobatan, hindari makanan atau minuman yang terlalu panas, terlalu dingin atau terlalu manis. Hal lain yang harus Anda lakukan untuk mencegah gigi sensitif adalah memeriksakan kesehatan gigi secara teratur, minimal 6 bulan sekali, atau ketika Anda merasakan masalah pada gigi Anda. 

Gigi sensitif memang tidak berbahaya bagi kesehatan, namun gigi sensitif tentu sangat menganggu, terutama ketika kita sedang menyantap makan kesukaan kita. Dengan langkah yang tepat, Anda akan dengan mudah mengatasi masalah pada gigi sensitif. Demikianlah tips Cara Mengatasi Gigi Sensitif, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda.