Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Pasca Melahirkan

Deka Levta

Bertambahnya berat badan adalah hal yang umum bagi setiap wanita pasca melahirkan. Bagian tubuh seperti pinggul, perut dan dada semuanya membesar sehingga banyak ibu-ibu yang mengeluh dengan penampilan mereka. Sangat sulit untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti semula sebelum melahirkan. Namun perlu diingat, diet ketat pada ibu yang baru melahirkan dapat mempengaruhi asupan nutrisi pada bayi yang masih menyusui. Lemak dan kerutan pada perut pasca melahirkan adalah masalah sementara pada ibu menyusui dan akan kembali normal setelah beberapa bulan jika disertai olahraga ringan secara rutin. Obat herbal dari sayur dan buah adalah salah satu alternatif pada proses pengecilan perut kembali. 

Diet Setelah Melahirkan

Diet Setelah Melahirkan

Berikut adalah beberapa bahan alami dan cara yang dapat Anda gunakan untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan :

Kayu Manis

Campur 2 inci kayu manis dan 2 cengkeh pada 2 liter air putih. Rebus sampai mendididih, lalu diamkan sebantar sampai menjadi hangat. Minum secara rutin selama 40 hari. Agar rasanya lebih enak Anda dapat menambahkan madu pada ramuan tersebut. Ramuan ini dipercaya dapat mengatasi masalah lemak berlebih yang ada di perut dengan cepat.

Sayur Sup

Makanan nabati memiliki kandungan fitonutrien yang berfungsi mengurangi lemak di bagian perut. Buatlah sup sayuran misalnya brokoli, kale, kubis, bunga kol ditambah dengan kaldu. Mengonsumsi sup sayur yang digunakan sebagai pengganti nasi dapat membantu mengontrol asupan karbohidrat dalam tubuh.

Diet yang Seimbang

Diet dengan menambahkan asupan vitamin dan mineral sangat berguna untuk mengecilkan perut Anda. Ganti makanan cepat saji dengan makanan yang kaya akan serat dan gizi, misalnya buah-buhan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, biji-bijian dan susu rendah lemak. Makanan makanan yang mengandung banyak serat tersebut bila dikonsumsi secara rutin dapat membantu menghilangkan lemak perut.

Jangan Lewatkan Waktu Makan

Ibu yang bari melahirkan pastinya membutuhkan banyak energi karena mereka harus menyusui dan memenuhi kebutuhan nutrisi, terutama bagi bayinya. Ibu yang menyusui memerlukan kalori lebih, karena itu Anda dilarang keras melakukan diet dengan cara mengurangi asupan kalori secara drastis.

Menyusui Bayi

Menyusui dapat membantu mengurangi ukuran perut pasca melahirkan. Selain dapat membentuk antibodi pada bayi, menyusui dapat membantu membangun ikatan ibu dan anak secara emosional. Menyusui dapat membakar 500 kalori perharinya, sehingga dapat merangsang kontraksi rahim dan menyusutkan ukuran uterus.

Gunakan Korset / Stagen

Korset dapat membantu mengurangi pembengkakakan dan mendorong otot agar dapat kembali seperti semula seperti saat sebelum melahirkan. Korset juga dapat secara langsung membantu Anda untuk menutupi kerutan pada bagian perut sehingga dapat menambah rasa percaya diri. Selain itu, dengan menggunakan korset selama beberapa bulan dapat membantu menegakkan punggung Anda pasca melahirkan. 

Demikianlah beberapa cara dan bahan alami untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda, terutama untuk wanita pasca melahirkan.