Penyebab Gigi Kuning Dan Cara Mengatasinya

Deka Levta

Gigi kuning memang tidak menyebabkan kerusakan pada gigi secara langsung, namun bila hal tersebut tidak diatasi, berbagai masalah kerusakan gigi dapat terjadi di kemudian hari. Masalah yang langsung ditimbulkan karena gigi kuning adalah memperburuk penampilan sehingga mengurangi kepercayaan diri. Sebagai solusinya muncullah berbagai klinik kecantikan gigi yang menawarkan berbagai metode pemutihan gigi.

Penyebab Gigi Kuning Dan Cara Mengatasinya

7 Penyebab Gigi Kuning dan Cara Mengatasinya

Apakah Anda tahu apa saja faktor penyebab gigi kuning? Beberapa penyebab gigi kuning memang tidak bisa dihindari, misalnya usia. Namun masih banyak faktor lain yang menyebabkan gigi kuning, dimana seharusnya hal tersebut dapat dihindari. Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Pertambahan Usia:

Semua manusia pasti akan menua. Dengan bertambahnya usia, lambat laun gigi akan berwarna kuning atau lebih gelap. Orang yang sudah berusia di atas 40 tahun kemampuannya untuk menyerap vitamin dan nutrisi akan semakin menurun. Hal tersebut menyebabkan kalsium yang diserap tubuh juga semakin sedikit. Kita tentu tahu bahwa gigi membutuhkan kalsium agar tetap sehat dan kuat. Hal sederhana yang dapat kita lakukan adalah menggunakan pasta gigi dengan kandungan kalsium yang tinggi. Selain itu konsumsilah susu berkalsium tinggi untuk membantu kesehatan gigi dari dalam.

2. Faktor Genetik:

Setiap orang memiliki gen bawaan lahir yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan gigi, termasuk penampilan gigi. Orang yang terlahir dengan kondisi gigi yang buruk harus berkerja ekstar untuk mendapat gigi yang sehat dan putih bersih. Untuk mengatasinya Anda harus berkonsultasi dengan dokter gigi.

3. Tebal Tipisnya Dinding Gigi:

Hal ini masih berhubungan dengan penyebab gigi kuning di atas. Faktor genetik dan usia berpengaruh besar pada penurunan kesehatan, kepadatan, warna dan ketebalan lapisan luar gigi. Setiap manusia memiliki bentuk dan ketebalan gigi yang berbeda. Tebal tipisnya lapisan dinding gigi sangat berpengaruh terhadap warna gigi. Lapisan dinding gigi yang lebih tipis akan cenderung lebih transparan dan lambat laun berubah menjadi kuning. Satu-satunya cara untuk memutihkan gigi dengan lapisan luar yang tipis adalah bleaching.

4. Kebiasaan Makan Yang Salah:

Kebiasaan mengkonsumsi jenis makanan tertentu juga berpengaruh terhadap warna gigi. Jenis makan tertentu bisa membuat gigi menjadi gelap dan kuning. Makanan tersebut misalnya kopi, teh, anggur, wortel, jeruk, soda, dan makanan lain yang mengandung pewarna alami. Jika dikonsumsi terus menerus akan menyebabkan gigi menjadi kuning atau gelap. Efek yang lebih cepat akan terjadi bila Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang mengadung asam.

5. Pengaruh Obat-Obatan:

Bahan kimia yang terdapat pada obat yang dikonsumsi juga dapat menyebabkan gigi menjadi kuning. Dan ini adalah faktor penyebab gigi kuning yang tidak dapat dihindari, karena beberapa orang tergantung pada jenis obat tertentu menyembuhkan penyakitnya.

6. Malas Membersihkan Gigi:

Apakah Anda termasuk dalam kategori ini? Semoga tidak. Namun bila Anda termasuk dalam kategori orang yang malas menyikat gigi, ketahuilah bahwa hal tersebut sangat merugikan, untuk diri sendriri, bahkan orang lain yang ada di sekitar Anda. Karena sudah terbiasa, mungkin Anda tidak sadar bahwa mulut Anda berbau tak sedap, berbeda dengan orang disekitar Anda yang akan sangat mudah mencium aroma tak sedap karena mulut Anda yang kotor. Selain mengganggu, malas menyikat gigi juga sangat berpengaruh terhadap penampilan dan kesehatan gigi. Gigi yang tidak terawat dengan baik akan menjadi kuning, berkerak, keropos, dan tentu masih banyak kerugian yang akan dialami bila malas menyikat gigi. Menyikat gigi 3 kali dalam sehari sudah cukup untuk memenjaga kebersihan dan kesehatan gigi Anda. Tidak sulit bukan?

7. Merokok:

Ini adalah faktor tertinggi yang menyebabkan gigi kuning. Nikotin pengaruh sangat buruk bagi penampilan dan kesehatan gigi. Bisa dikatakan, seorang perokok hampir mustahil memiliki gigi putih. Sebagian besar perokok akan memiliki gigi kuning, kehitaman, berkerak dan bahkan keropos. Untuk mengatasinya tentu tidak ada jalan lain selain berhenti merokok. Pemutih gigi memang dapat digunakan untuk memutihkan gigi, namun hal tersebut hanya berlangsung sementara. Dan bila terus memaksakan diri menggunakan pemutih gigi, pada suatu hari Anda akan mendapatkan hal yang lebih buruk, yaitu gigi sensitif, keropos dan berbagai kerusakan gigi yang bersifat permanen.