5 Jenis Makanan Pencegah Osteoporosis yang wajib anda ketahui

Tulang adalah salah satu organ vital tubuh yang selain berfungsi sebagai kerangka tubuh juga memiliki berbagai fungsi lain yang penting, misalnya membentuk tampilan tubuh dan wajah,sebagai area memproduksi sel darah dan melindungi organ dalam tubuh. 

Ironisnya, ternyata tidak semua orang benar-benar memperhatikan kesehatan tulang mereka. Akibat yang terjadi yang akan sangat dirasakan adalah ketika usia bertambah, salah satu yang paling terjadi adalah osteoporosis atau tulang keropos. 

5 Makanan Alami Untuk Mencegah Osteoporosis

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari osteoporosis ketika Anda memasuki usia lanjut. Hal yang paling mudah untuk mencegah osteoporosis misalnya dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan zat yang dibutuhkan tulang agar tulang tetap terjaga kepadatannya dan berfungsi dengan baik. Lalu makanan atau minuman apa yang dapat berfungsi untuk mencegah osteoporosis? Berikut ini adalah 5 Makanan Alami Untuk Mencegah Osteoporosis:

Susu

Kita tahu bahwa susu termasuk sumber kalsium terbaik yang sangat diperlukan bagi pertumbuhan tulang. Para ahli kesehatan tulang sangat menyarankan agar orang dewasa mengonsumsi paling sedikit 700mg kalsium per hari, atau dan 1.200 mg untuk orang yang terdiagnosis menderita osteoporosis.
Susu yang baik untuk mencegah osteoporosis adalah susu yang kadar lemaknya rendah, atau bahkan susu yang tidak mengandung lemak. Susu tanpa lemak atau susu dengan kandungan lemak yang sedikit memiliki kadar kalsium yang tinggi sehingga akan berguna untuk menjaga kesehatan tulang.
Selain mengandung kalsium, susu juga mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan tulang, misalnya magnesium, kalium, fosfor, riboflavin, Vitamin D, Vitamin A dan Vitamin B12, semuanya nutrisi tersebut sangat penting bagi kesehatan tulang.
Khusus bagi Anda yang yang tidak senang mengonsumsi susu, sebagai alternatif Anda dapat mengonsumsi jenis makanan lain yang banyak mengandung kalsium misalnya kedelai, yoghurt atau makanan lain yang mengandung kalsium yang cukup.

Sarden

kalsium dan vitamin D adalah unsur penting untuk menjaga kesehatan tulang. Dan ternyata tulang-tulang dalam ikan sarden juga mengandung banyak kalsium dan vitamin D, sehingga dapat berguna untuk mempertahankan kepadatan massa tulang.

Salmon

Salmon termasuk ikan yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang karena mengandung omega-3 dan asam lemak. Selain itu salmon juga mengandung vitamin D yang berguna untuk membantu penyerapan kalsium. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan minyak ikan akan menghindarkan kita dari tulang keropos, terutama pada wanita.

Sayuran berdaun hijau

Sayur-sayuran yang memiliki daun berwarna hijau gelap termasuk makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D. Sayur-sayuran tersebut misalnya bayam dan brokoli.

Kacang-Kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan,misalnya kacang tanah, biji rami, kenari dan pistachio mengandung kalsium, asam lemak, mineral, dan omega-3 yang dapat berguna untuk meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. 

Demikiankan informasi tentang 5 Makanan Alami Untuk Mencegah Osteoporosis. Semoga benrmanfaat untuk Anda.