Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer atau Laptop Lemot

Deka Levta

Cara mengatasi laptop atau komputer yang lambat Sendiri – Salah satu permasalahan ketika menggunakan laptop atau komputer adalah lemot. Lemot disini diartikan bahwa ketika membuka program atau melakukan seseuatu akan terasa lambat misal saat akan membuka browser mozilla maka harus menunggu sekitar 20 detik atau lebih. Lazimnya membuka sebuah program tidak perlu menunggu waktu yang lama. Komputer yang lemot akan membuat rasa tidak nyaman saat menggunakannya. Solusi mengatasinya tergantung dengan penyebab yang membuat komputer itu lemot. Simak penyebab serta solusinya dibawah ini :
Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer atau Laptop Lemot

1. File Temporary yang besar

Saat kita menggunakan komputer untuk berinternet maka ada sebagian data yang akan tersimpan di dalam komputer. Data tersebut disimpan dalam folder temp. Semakin sering digunakan maka semakin membesar kapasitasnya sehingga hal ini dapat memperlambat kinerja komputer anda. Cara menghapus file temp ini dapat menggunakan software ccleaner. Software ini akan membersihkan komputer anda dari file2 yang tidak digunakan. SOftware CCleaner memiliki versi gratis dan berbayar. Meskipun gratis, kinerjanya sudah cukup baik membantu pembersihan file di komputer anda. Download saja dari situs resminya http://www.piriform.com/ccleaner/download/standard

2. Kurangi Program yang Berjalan saat Start UP

Ada kalanya saat anda menghidupkan komputer maka akan terasa lama untuk loginnya. Hal ini mungkin banyaknya program yang berjalan pada saat start up. Sebaiknya matikan program tidak penting yang berjalan saat booting dengan cara : Tekan tombol (windows + R) dan tulis "msconfig" selanjutnya pilih pada tag startup. Hapus/uncheck program yang dirasa tidak perlu.

3. Banyak Program yang terinstal

Salah satu penyebab komputer yang sering hang atau lemot adalah banyaknya program yang terinstal di komputer. Hal ini membuat kinerja prosessor semakin lambat karena program yang harus di eksekusi terlalu banyak. Sebaiknya instal program - program yang diperlukan untuk menunjang kinerja anda. Jika sudah terlanjur maka sebaiknya uninstal program yang dirasa tidak perlu dengan cara Klik Windows, klik Control Panel, klik uninstall program, lalu pilih program yang tidak terpakai untuk di uninstall. Bisa juga dengan menggunakan program ccleaner tadi.

4. Virus dan Anti Virus

Penyebab lain dari komputer hang adalah virus komputer yang telah menjangkiti folder file di komputer anda. Sebaiknya gunakan antivirus yang selalu update sehingga anda tidak akan lagi bermasalah dengan virus. Jika virus telah parah maka instal ulang adalah pilihannya.

5. Komponen Komputer ada yang rusak

Lemotnya komputer bisa juga disebabkan oleh salah satu periperal komputer anda ada yang rusak, biasanya hardisk anda mengalami masalah bad sector.

6. Spesifikasi Komputer yang tidak mumpuni

Jika anda merasakan lemot saat bermain game atau tidak bisa masuk ke gamenya maka coba check terlebih dahulu persyaratan minimal untuk menjalankan game tersebut. Misalnya game tersebut mengharuskan anda menggunakan RAM 4 GB namun anda hanya memiliki 2 GB maka dapat dipastikan komputer anda tidak akan sanggup. Satu - satunya cara mengatasi lemot ini adalah dengan membeli perangkat komputer yang terbaru atau sesuai.

7. Jarang melakukan Defrag

Salah satu proses yang penting mengatasi komputer lemot adalah defragment. Proses defrag adalah proses penataan file yang ada didalam hardisk untuk dikumpulkan kembali sehingga saat akan digunakan akan cepat. 

Itulah beberapa penyabab dan cara mengatasi komputer anda yang lemot. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda.