Berbagai Gaya Hidup Yang Ternyata Ampuh Sebagai Cara Mengatasi Efek Rumah Kaca

Deka Levta

Efek dari pemanasan global atau biasa disebut dengan efek rumah kaca kini semakin terasa dampaknya. Peningkatan suhu permukaan bumi dari waktu ke waktu semakin meningkat yang mengakibatkan lapisan es di kutub semakin menipis dan menyebabkan permukaan air laut semakin tinggi bahkan sampai mengakibatkan perubahan cuaca ekstrem di bumi. Efek rumah kaca sendiri sebenarnya terjadi secara alami karena pemanasan permukaan bumi akan tetapi juga diakibatkan oleh aktivitas manusia yang menyebabkan menumpuknya jumlah gas rumah kaca seperti uap air, CO2 dan metana dimana mengakibatkan peningkatan suhu permukaan bumi dan memberikan dampak yang sangat fatal. Untuk mengurangi dampak yang diberikan saat ini banyak dari lapisan masyarakat sampai pemerintah di seluruh dunia yang menggalakan berbagai kegiatan untuk mengurangi efek rumah kaca seperti penghijauan kembali, akan tetapi tahukah anda bahwa sebenarnya ada cara mengatasi efek rumah kaca yang secara tidak sengaja dapat kita lakukan dalam kegiatan kita sehari-hari. 

 

1. Penggunaan Alat Elektronik

Dimulai dari kita membeli produk-produk elektronik seperti computer, laptop, AC, mesin foto kopi, printer dan lain sebagainya belilah produk yang mempunyai label hemat energy sehingga mampu mengurangi kenaikan konsentrasi gas rumah kaca akibat energy yang dikeluarkan. Cara mengatasi efek rumah kaca juga dapat anda lakukan ketika menggunakan berbagai produk tersebut utamanya computer ataupun laptop, biasakan mencabut kabel laptop/ mematikan laptop ketika istirahat dan tidak digunakan jangan menggunakan keadaan idle/ stand by.
 

2. Penggunaan Kendaraan Bermotor

Cara mengatasi efek rumah kaca juga dapat anda lakukan melalui penggunaan kendaraan bermotor anda. biasakanlah untuk mematikan mesin ketika parker kendaraan selain mampu meningkatkan efisiensi BBM juga mampu mengurangi emisi gas rumah kaca. Servicelah kendaraan anda secara rutin dan teratur sehingga mampu mengurangi kebocoran serta gunakanlah oli yang sudah direkomendasikan karena pembakaran yang tidak sempurna mampu menghasilkan emisi dan konsentrasi rumah kaca. Selalu periksa tekanan ban secara rutin karena tekanan udara yang kurang pada ban kendaraan mampu memberi beban pada mesin anda. Untuk jarak dekat anda tidak harus menggunakan kendaraan bermotor, cukup jalan kaki ataupun bersepeda selain menyehatkan juga mampu menghemat pengeluaran BBM anda. Mengistirahatkan kendaraan anda 2 hari per minggu juga mampu mengurangi ribuan kg emisi setiap tahunnya.
 

3. Kegiatan Rutin Sehari-Hari

Cara mengatasi efek rumah kaca juga dapat anda lakukan dalam kegiatan rutinitas anda bukan hanya dari penggunaan energy listrik dan BBM seperti menggunakan kertas sehemat mungkin dengan memanfaatkan kertas bekas atau daur ulang dan mencetak halaman secara bolak-balik, mengurangi penggunaan tisu, mengurangi penggunaan parfum, membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan plastic, menggunakan berbagai keperluan rumah tangga yang ramah lingkungan. Dengan cara seperti itu anda akan mengurangi emisi gas rumah kaca serta mengurangi berbagai produksi perlengkapan yang berasal dari alam sehingga ketersediaan tanaman di alam tetap terjaga seimbang.