Bagaimana Sikap yang Baik Saat Wawancara Kerja ?

Deka Levta

Saat ini mencari lowongan pekerjaan bukanlah hal yang sulit lagi. Akan tetapi mendapatkan sebuah pekerjaan yang diimpikan adalah hal yang berbeda lagi. Kita mungkin sering menyaksikan banyaknya pencari kerja melamar pekerjaan untuk sebuah posisi yang hanya memerlukan segelintir tenaga kerja saja. Untuk mendapatkan sebuah pekerjaan biasanya kita harus melalui beberapa proses seperti mengajukan lamaran, psikotes dan wawancara kerja. Itulah proses perjuangan untuk memperoleh sebuah pekerjaan yang diimpikan. Diantara ketiga proses yang disebut diatas, wawancara kerja adalah proses yang sering kali menggagalkan para pencari kerja. Lalu bagaimana sikap yang baik saat wawancara kerja


Hal yang paling utama dan sering dilupakan para pelamar kerja adalah sikap yang baik saat wawancara kerja. Kita harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara bersikap didepan pewawancara yang siap dengan segudang pertanyaannya. Yang pertama adalah etika 3S (senyum, sapa, salam) yang harus kita laksanakan saat pertama kali bertemu dengan pewawancara kerja. Tersenyumlah secara alami lalu sapalah dengan diikuti salam. Ingatlah kesan dan sikap yang baik sangat menentukan keberhasilan wawancara kerja kita. 

Selanjutanya adalah sikap saat mendengarkan dan menjawab pertanyaan dari pewawancara. Dengarkan dengan seksama sambil tubuh dicondongkan sedikit ke depan (tidak berlebihan) dan jagalah kontak mata yang intens dengan pewawancara agar kita terlihat antusias terhadap pekerjaan yang dilamar. Jawablah dengan singkat, padat dan jelas setiap pertanyaan dengan tanpa mengulang-ulang jawaban atau sok tahu dalam menjawab. Sikap yang baik saat wawancara kerja akan semakin terlihat dari konsistensi kita dalam bersikap dan menjawab dari awal sampai akhir. 

Ketika wawancara kerja berakhir, berikan salam dan jabat tangan sebagai tanda penghormatan pada pewawancara. Sikap yang baik saat wawancara kerja menentukan 50 % bahkan lebih keberhasilan kita. Sikap yang baik & etis dalam wawancara kerja tentu akan membawa nilai tambah bagi kita para pejuang masa depan. Tetaplah semangat untuk mendapatkan pekerjaan yang kita impikan.