Perbedaan Kartu Debit dan Kartu Kredit : Pilih Mana ?

Saat ini transaksi jual beli jauh lebih mudah dengan adanya kartu kredit dan kartu debit. Keduanya sama-sama memiliki manfaat untuk mempermudah transaksi keuangan secara fleksibel dan praktis. Namun secara mendasar ada perbedaan kartu kredit dan kartu debit yang harus anda ketahui sebagai nasabah bank. Jika anda adalah seorang tenaga kerja yang mendapat gaji bulanan yang tetap maka kartu debit adalah pilihan yang lebih tepat. Sedangkan jika anda adalah seorang pengusaha yang telah sukses atau tenaga kerja dengan gaji diatas rata-rata kartu kredit dapat mempermudah aktivitas transaksi anda.
Perbedaan Kartu Debit dan Kartu Kredit
Perbedaan kartu kredit dan kartu debit terletak pada beberapa hal. Yang pertama ialah proses pengajuan dan tujuan penggunaan. Dengan membuka sebuah rekening bank maka anda dengan mudah dapat membuat kartu debit. Akan tetapi untuk memperoleh kartu kredit, bank harus mempertimbangkan kelayakan kredit anda dan mengetahui tujuan penggunaan kartu kredit. Yang kedua adalah cara pembayaran atau pelunasan yang berbeda. Ketika membeli suatu barang dengan kartu debit maka secara otomatis biaya kan diambil dari sisa saldo tabungan anda di bank. Namun jika anda menggunakan kartu kredit maka pembayaran dilakukan dengan cara dicicil. 

Selain itu pengguna kartu kredit dapat memanfaatkan jaringan internasional seperti Visa, MasterCard atau Discovery dari kartu kredit sehingga anda dapat berbelanja dengan mudah di luar negeri. Perbedaan kartu kredit dan kartu debit juga menyangkut fasilitas istimewa yang diberikan bagi pemegangnya. Misalnya akses khusus di bandara, diskon di kafe atau restoran dan penawaran-penawaran lainnya yang tidak bisa diperoleh dengan penggunaan kartu debit. 

Penggunaan kartu kredit dan kartu debit haruslah bijak dan terencana. Jangan sampai transaksi berlebihan menguras isi tabungan anda tahu membuat tagihan anda semakin menumpuk. Terlebih lagi kartu kredit yang memberikan bunga hutang dan denda bagi kredit macet. Setelah mengetahui perbedaan kartu kredit dan kartu debit sebaiknya anda harus lebih cerdas dalam menggunakanya.