4 Cara Sederhana Meningkatkan Daya Ingat yang Efektif

Deka

Cara meningkatkan Kemampuan Mengingat - Rutinitas yang dihadapi sehari - hari tentu akan menjadi faktor utama dalam memicu seseorang sehingga cepat lelah dan letih. Rasa lelah yang terakumulasi secara terus menerus akan menyebabkan fungsi daya ingat otak akan berkurang sehingga tidak jarang akan selalu cepat lupa. Faktor usia juga akan mempengaruhi kemampuan mengingat seseorang, semakin tua orang itu maka daya ingatnya akan semakin buruk. Berikut 4 cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan mengingat anda. Cara ini cukup simple dan bisa dilakukan dimana saja :

4 Cara Sederhana Meningkatkan Daya Ingat yang Efektif

1. Tidur yang cukup

Tidur merupakan pilihan yang paling efektif saat anda lelah karena setelah bangun otak anda akan terasa lebih segar dan fresh. Pastikan anda mendapatkan waktu tidur yang cukup karena apabila anda kekurangan tidur bukan hanya fungsi otak yang berkurang tapi anda akan merasakan lemas sepanjang hari. Saat seseorang itu tidu maka otak akan merefresh sehingga ingatan akan tersimpan dengan baik.

2. Olahraga

Olahraga yang teratur selain menyehatkan badan, bisa juga membantu memperlancar aliran darah didalam tubuh terutama darah yang mengalir kedalam otak. Semakin banyak anda berjalan - jalan maka otak akan semakin terbuka karena asupan oksigen yang masuk kedalam otak akan meningkat. Setidaknya lakukan 10000 langkah setiap harinya.

3. Tertawa

Perasaan gundah dan galau akan semakin memperburuk kemampuan mengingat otak sehingga anda membutuhkan kondisi yang rileks. Cara simplenya adalah dengan tertawa. Carilah kondisi dimana anda bisa tertawa lepas yang dapat membuat pikiran anda bahagia. Saat otak anda berada dalam kondisi fresh dan bahagia maka kesehatan otak anda akan semakin baik. Kemampuan mengingat anda akan bertambah sehingga bisa berpikir jernih.

4. Fokus

Hampir dipastikan setiap manusia mempunyai beribu pikiran didalam kepalanya. Hal ini bisa memicu menurunnya kemampuan dari otak. Sebaiknya lakukan semuanya secara fokus sehingga semua bisa teratasi dan daya ingat anda akan menjadi sehat. Bisa juga anda berdiam diri sejenak untuk merenggangkan pikiran yang ada didalam kepala anda.

Selain 4 cara diatas, hal yang paling anda butuhkan adalah asupan makanan yang masuk kedalam tubuh anda. Otak juga membutuhkan nutrisi yang baik. Sebisa mungkin terapkan kehidupan yang sehat dan hindari makanan fastfood atau minuman yang mengandung kafein. Konsumsi sayur dan buah setiap hari akan mampu menambah daya ingat anda. Semoga cara diatas dapat membantu anda.