Pelihara Kesehatan Dengan Cuci Tangan Yang Baik Dan Benar

Deka Levta

Kegiatan mencuci tangan merupakan salah satu kegiatan pencegahan yang paling mudah untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan bakteri jahat. Namun, karena kemudahannya seringkali menjadikan kita malas untuk melakukannya. Mengingat berbagai fungsi tangan dan keterkaitannya dengan aktifitas yang kita lakukan, maka tangan menjadi salah satu penghubung antara tubuh dan kuman. Tangan juga bisa menjadi pintu masuk bagi kuman. Untuk itu perlu adanya cara cuci tangan yang baik dan benar, agar tubuh kita tetap terlindung dari serangan-serangan kuman berbahaya. 

Pelihara Kesehatan Dengan Cuci Tangan Yang Baik Dan Benar
 Gambar Cara Cuci Tangan yang benar dari Lifebuoy

Seseorang yang terjangkit flu misalnya, dia menutup hidungnya dengan tangan pada saat dia sedang bersin, kemudian anda tidak sengaja bersalaman dengannya. Ketika anda memegang hidung maupun mulut, maka secara otomatis kuman yang berada pada orang tersebut berpindah kepada anda. dan jangan heran jika keesokan harinya anda juga terserang flu. Itulah gambaran singkat mengenai betapa mudahnya tangan sebagai perantara perpindahan kuman dari satu orang ke orang lain. Maka dari itu cuci tangan dengan baik dan benar merupakan sebuah upaya perlindungan diri dari berbagai penyakit. 

Cuci tangan yang baik dan benar harus dilakukan di bawah air yang mengalir, tentunya dengan menggunakan sabun. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Letakkan tangan dibawah kran atau air yang mengalir
  • Ambil sabun, kemudian ratakan keseluruh tangan sampai berbusa (sebisa mungkin gunakan sabun yang mengandung antiseptic)
  • Kemudian gosokkan kedua telapak tangan sampai ke ujung jari selama kurang lebih 2 menit
  • bersihkan sabun dengan air mengalir
  • keringkan tangan yang basah menggunakan handuk atau tisyu
Mencuci tangan biasanya dilakukan hanya saat sebelum makan. Namun ada baiknya jika setiap selesai melakukan kegiatan apapun dan sebelum melakukan kegiatan yang lain anda sebisa mungkin mencuci tangan agar terhindar dari kuman-kuman nakal pembawa penyakit. Beberapa penelitian menyatakan bahwa penyebab kematian nomor satu di Indonesia adalah karena diare, padahal hal ini bisa dicegah dengan melakukan cuci tangan yang baik dan benar.