Tips Praktis Cara Memilih Power Bank Yang Baik

Deka Levta

Gadget sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Penggunaan gadget setiap hari selalu ada dimana saja. Gagdet seperti hp atau tablet selalu menemani keseharian semua orang. Gadget lebih cepat memakan baterai daripada dengan hp biasa, oleh karena itu dengan adanya power bank banyak menolong ketika anda kehabisan baterai gadget anda di jalan dan tidak ada tempat untuk carger gadget anda. ada banyak sekali merk power bank dipasaran dengan kapasitas mah dan harga yang berbeda-beda. Berikut adalah cara memilih power bank yang baik

cara memilih power bank yang baik

Kapasitas Power Bank

Cara memilih power bank yang baik adalah dengan memperhatikan kapasitas dari power bank tersebut. Dengan mengetahui kapasitas anda akan tahu berapa kali power bank anda dapat mengecash gadget anda. Powerbank yang bagus akan sesuai kapasitas dengan berapa kali anda bisa mengecash gadget apa. Misalnya kapasitas baterai gadget anda 1530 mAh sedangkan kapasitas power bank anda adalah 5000 mAh, maka power bank anda akan dapat mengecash kurang lebih 3 sampai 4 kali pengisian, itu juga belum termasuk daya yang hilang karena pengisian yang tidak penuh.

Fitur Yang Terdapat Pada Power Bank

Ada beberapa fitur pada power bank yang harus anda perhatikan ketika membeli power bank. Itu salah satu cara memilih power bank yang baik. Pertama fitur overcharge, fitur ini mempunyai fungsi untuk melindungi gadget anda, dari tegangan yang berlebih dari power bank dan juga pada saat pengisian baterai yang sudah penuh. Jika fitur ini tidak ada dapat merusak umur baterai dari gadget anda. Kedua short circuit, bagian ini berfungsi untuk melindungi gadget anda dari bahaya kebakaran akibat arus pendek dari power bank ke gadget. Ketiga high temperature, fitur yang satu ini harus anda di power bank anda. fitur ini berfungsi untuk menghindari baterai atau gadet anda panas ketika dicas oleh power bank. 

Selain fitur dan kapasitas power bank anda juga harus memperhatikan tegangan output dan kelengkapan power bank seperti kabel A/C, konektor dan masih banyak lainnya. Untuk membuat power bank dan baterai lebih awet gunakanlah kabel asli dari gadget anda jangan menggunakan kabel bawaan dari powerbank anda. Selain itu belilah power bank yang memiliki garansi minimal 1 tahun. Untuk harga, harga mahal tidak masalah karena harga mahal pasti mempunyai kualitas yang baik. Itulah beberapa cara memilih power bank yang baik. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi anda.