Tips Cara Mengajukan KPR Rumah Second Di Perkotaan

Deka Levta

yang belum terkumpul. Jadi beberapa orang memilih untuk membeli rumah bekas lewat kredit KPR. Ada beberapa keuntungan jika anda membeli rumah bekas. Selain rumah yang sudah siap pakai keadaan lingkungan juga sudah ramai berbeda dengan membeli rumah di perumahan baru. Cara mengajukan KPR rumah second berbeda dengan mengajukan KPR untuk rumah baru. Ada beberapa langkah yang harus anda perhatikan untuk mengajukan KPR ke bank untuk membeli rumah second. 
Tips Cara Mengajukan KPR Rumah Second Di Perkotaan

Perhitungan Dana

Cara mengajukan KPR rumah second yang pertama kali adalah menghitung seberapa besar kemampuan dana anda. Hitung berapa besar pemasukan anda tiap bulan dan harus sejumlah berapa uang yang harus anda bayar untuk cicilan rumah. Itu akan menjadi pondasi utama, rumah seperti apa yang ingin anda beli. Jangan tergiur dengan rumah mewah tetapi anda tidak kuat untuk mencicilnya tiap bulan. Sesuaikan dengan kemampuan anda.

Survei Rumah Yang Akan Dibeli

Mencari rumah second tidak semudah mencari rumah yang baru. Ada banyak hal yang harus anda perhatikan. Seperti kualitas bangunan, lingkungan dan lain sebagainya. Kalau bisa carilah rumah yang tidak perlu untuk merenovasinya lagi, jadi akan sedikit menghemat uang pengeluaran anda.

Mengajukan KPR di Bank

Cara mengajukan KPR rumah second selanjutnya adalah dengan mulai mengajukan KPR ke kreditur. Anda sudah menemukan rumah yang ingin anda beli, anda juga sudah menemukan harga yang tepat. Sekarang anda perlu mengajukan KPR ke bank. Perhatikan semua syarat untuk mengajukan KPR seperti akta keluarga, KTp, keterangan penghasilan dan masih banyak lainnya. Nanti bank akan mengecek rumah yang ingin anda ajukan KPR, kemudian bank akan memberi tahu apakah KPR anda diterima atau tidak.

Akad Kredit Rumah Second

Jika KPR anda sudah diterima oleh bank, anda mulai melakukan akad kredit dengan bank yang bersangkutan. Sebelum melakukan sebuah perjanjian perhatikan dengan teliti semua isi yang terdapat di surat perjanjian supaya nantinya anda tidak merasa dirugikan. 

Itulah beberapa langkah yang harus anda lakukan sebagai. Cara mengajukan KPR rumah second Kalau memang diperlukan untuk lebih memastikan perjanjian KPR anda, buatlah perjanjian tambahan dengan pihak kreditur. Ketika mengajukan sebuah KPR anda harus benar-benar teliti menyiapkan semua syarat dan juga dengan surat perjanjian yang sudah di tanda tangani. Semoga artikel diatas bermanfaat buat anda yang sedang mengajukan KPR untuk membeli rumah.