Cara Menulis Arab Di Android Dengan Aplikasi Khusus

Pernah menerima sms atau melihat postingan berbahasa Arab pada ponsel Anda? Barangkali Anda penasaran bagaimana cara menulis Arab di android. Kecanggihan teknologi memungkinkan apa saja bisa dilakukan. Saat ini semua ponsel pintar keluaran terbaru seperti Android, IOS phone dan BlackBerry memiliki support dengan bahasa Arab. Smartphone tersebut dilengkapi dengan script RTL Arabic yang mampu menampilkan font huruf Arab. 
Cara Menulis Arab Di Android Dengan Aplikasi Khusus
Jika kurang yakin apakah ponsel Anda sudah support bahasa Arab atau belum, Anda bisa masuk ke Setting lalu klik Language & Keyboard. Kemudian, klik pada Android Keyboard Setting dan masuk ke Input Language. Pilih bahasa Arab lalu klik dan tunggu prosesnya selesai. Setelah mengetahui bahwa ponsel Anda sudah support bahasa Arab, Anda tinggal belajar cara menulis Arab di android. Untuk mengetik dengan bahasa Arab, geser tombol spasi ke kanan atau ke kiri hingga tampilan keyboard menjadi huruf Arab. Anda bisa mulai menulis kalimat-kalimat bijak atau potongan ayat suci dengan huruf Arab lalu mempostingnya di sosial media atau mengirim teks singkat kepada teman-teman. 

Jika ingin lebih nyaman dalam menggunakan cara menulis Arab di android, Anda bisa mengunduh aplikasi Smart Keyboard Pro, A.I. Type Keyboard atau MultiLing Keyboard. Aktifkan fitur bahasa Arab di ponsel android dengan aplikasi tersebut dengan cara menginstalnya dari PlayStore. Setelah diinstal, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa Setting yang diminta sudah Anda atur dengan benar. Ikuti langkah-langkah yang dijelaskan pada aplikasi tersebut. 

Lalu bagaimana jika ponsel kita keluaran lama yang masih menggunakan ROM pabrikan? Bagaimana cara menulis Arab di android dengan OS Jelly bean atau Ice Cream Sandwich? Langkah pertama adalah dengan melakukan Root dan Doedex pada ponsel Anda. Setelah itu, baru download aplikasinya dan simpan di SD Card. Masuk ke CWM, pilih install zip from SD Card lalu pilih file yang sudah Anda download tadi, Klik install zip lalu tunggu proses instalasi selesai. Kemudian, reboot ponsel Anda. Nah, sekarang Anda bisa mulai mengetik dalam bahasa Arab.