Cara Mencuci Rambut atau Keramas yang baik dan benar

Deka

Mencuci rambut atau keramas mungkin sudah sering anda lakukan. Tapi, apakah anda melakukannya dengan benar?atau jangan - jangan malah membuat rambut indah anda menjadi rusak. Jika begini maka sebaiknya mulailah memperhatikan bagaimana melakukan keramas yang baik. Hal ini mungkin terdengar simple namun yakinlah sesuatu yang simple ini memberikan manfaat yang besar bagi rambut anda. Berikut langkahnya :

Cara Mencuci Rambut atau Keramas yang baik dan benar
 Cara Mencuci Rambut atau Keramas yang baik dan benar

Langkah Pertama
Saat akan dikeramas atau dicuci sebaiknya bentuk rambut anda agar jangan kusut. Sehingga saat dilakukan pencucian, rambut tidak akan kusut. Jangan pernah menyisir rambut dalam keadaan basah karena akan menyebabkan rambut akan mudah patah dan rontok.

Langkah Kedua
Gunakan air hangat kuku saat membasahi rambut. Hal ini bertujuan untuk membuka lapisan kutikula dan membersihkan semua kotoran yang menempel pada rambut. Pastikan semua bagian rambut serta kulit kepala terkena air hangat ini. 

Langkah ketiga
Ambil shampoo yang sesuai dengan jenis rambut anda lalu tuangkan ke telapak tangan anda secukupnya dan gosok sampai menimbulkan busa. Lalu usapkan keseluruh permukaan rambut dan kulit kepala. Lakukan usapan tersebut sambil memijat kepala dengan ujung jari.Bagi yang memiliki rambut yang berminyak, usahakan dalam memijatnya tidak terlalu keras karena akan menyebabkan produksi minyak akan meningkat. Jangan lakukan garukan saat sedang bershampoo karena akan menyebabkan iritasi pada kulit kepala.

Langkah Keempat
Bilas rambut dengan memakai air dingin sehingga lapisan kutikula yang tadi terbuka menjadi tertutup. Bilas sampai sisa shampoo tidak ada lagi.

Langkah Kelima
Setelah dibilas maka gunakan konditioner pada helaian rambut bukan pada kulit kepala karena akan menyebabkan rambut berketombe. Pilihlah konditioner yang sesuai untuk anda ( http://legallyfabulous.blogspot.com/2014/08/manfaat-dan-cara-menggunakan.html ). Bilas kembali dengan air dingin sehingga kondisioner bersih dari rambut. 

Langkah Keenam
Saat akan mengeringkan rambut cukup dengan menempelkan handuk tapi jangan sampai digosok. Biarkan rambut kering sendiri.

Tips Kapan sebaiknya keramas :
  • Rambut berminyak sebaiknya lakukan keramas setiap hari
  • Rambut yang normal setidaknya 2-3 kali seminggu
  • Rambut Kering lebih baik dicuci seminggu sekali agar tidak semakin kering
Bagaimana dengan langkah mudah mencuci rambut diatas?Tidak sulit untuk dipraktekkan dirumah bukan. Semoga tips diatas dapat membantu anda. Terima Kasih.