Cara Membedakan Mutiara Asli dan Palsu Yang Paling Mudah

Deka

Mutiara merupakan salah satu investasi yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan keuntungan. Harga mutiara asli pun semakin naik dari tahun ke tahun. Tetapi anda sebagian orang yang belum tahu cara membedakan mutiara asli dan palsu. Kalau bagi orang awam mutiara palsu dan mutiara asli akan terlihat hampir sama tidak ada bedanya sama sekali. Tetapi kalau kita jeli, anda perbedaan yang sangat jauh antara keduannya. Di artikel ini saya akan memberikan beberapa tips membedakan antara mutiara asli dengan mutiara palsu. Untuk lebih lanjutnya mari kita bahas dibawah ini. 

Cara Membedakan Mutiara Asli dan Palsu
Cara membedakan mutiara asli dan palsu yang pertama adalah dengan membedakan jenis mutiara terlebih dahulu. Ada dua jenis mutiara asli yaitu mutiara yang di budidayakan di air laut dan juga yang di budidayakan di air tawar. Untuk mutiara asli air laut maupun air tawar pembuatannya dilakukan didalam air laut dan juga air tawar sedangkan untuk mutiara palsu pembuatannya dilakukan di pabrik. Untuk mutiara air tawar dan air laut biasanya berbentuk lonjong, bulat, tak beraturan dan ada juga yang setengah lingkaran sedangkan untuk mutiara palsu bentuknya hanya satu yaitu berbentuk bulat saja. 

Warna mutiara asli biasanya putih, merah, gold kuning, hitam dan masih banyak lainnya sedangkan mutiara yang palsu warnanya hanya ada beberapa saja seperti putih dan pink. Cara membedakan mutiara asli dan palsu adalah dengan membedakan berat dan besarnya. Untuk mutiara asli berat dan besarnya sesuai atau sama sedangkan untuk mutiara palsu berat dan besarnya tidak sesuai. Mutiara asli harganya disesuaikan dengan berat, kualitas dan warna biasanya berkisar 80rbu sampai jutaan sedangkan untuk mutiara palsu harganya sangatlah murah. 

Cara membedakan mutiara asli dan palsu selanjutnya adalah dengan cara membakarnya. Untuk mutiara asli jika dibakar tidak akan meleleh ataupun terbakar, sedangkan mutiara palsu akan terbakar dan meleleh jika dibakar. Ketika digigit mutiara asli akan seperti ada pasir dan tidak bisa tergores. Sedangkan untuk mutiara palsu akan tergores jika digigit dan terasa licin. Itulah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk membedakan mutiara asli dan mutiara palsu. Semoga bisa membantu anda ketika membeli mutiara.