Cara Alami Menghilangkan Komedo Yang Mengganggu

Deka Levta

Seperti halnya jerawat, komedo tentunya sangat mengganggu. Berbagai cara menghilangkan komedo sudah kita lakukan, namun tidak berhasil juga. Tapi, sudahkah Anda mencoba cara alami menghilangkan komedo? Memang di jaman serba cepat ini cara-cara alami untuk menghilangkan komedo sudah mulai ditinggalkan karena dianggap ribet dan tidak praktis. Banyak orang lebih suka beralih ke produk-produk kosmetik yang mengklaim dapat menghilangkan komedo dengan cepat. Namun satu hal yang harus diingat, produk-produk tersebut tidak selalu cocok di kulit. 

Cara Alami Menghilangkan Komedo Yang Mengganggu

Bagaimana pun juga cara alami menghilangkan komedo jauh lebih baik. Beberapa produk yang dapat menghilangkan komedo misalnya pore pack atau plester penghilang komedo memang sangat praktis digunakan. Anda hanya tinggal menempelkan plester tersebut ke hidung yang biasanya penuh dengan komedo, mendiamkannya beberapa saat lalu melepaskannya perlahan. Komedo sudah tertarik dan melekat di plester sementara hidung Anda bersih dari bintik-bintik hitam yang menjengkelkan itu. 

Namun produk seperti ini relatif cukup mahal, apalagi biasanya komedo akan muncul lagi setelah beberapa hari. Bolak-balik menempelkan plester tentu memerlukan biaya yang banyak. Tidak seperti cara alami menghilangkan komedo dimana Anda cukup menggunakan bahan-bahan dari dapur untuk mengatasi komedo Anda, misalnya kulit jeruk. Gosok-gosokkan bagian luar kulit jeruk ke bagian kulit yang penuh komedo, lalu diamkan semalaman. Keesokan paginya, Anda akan melihat kotoran komedo sudah terlepas dan bisa dibersihkan dengan air. 

Beberapa bahan lain seperti lidah buaya atau air garam juga bisa digunakan sebagai cara alami menghilangkan komedo. Gosokkan potongan lidah buaya atau usap wajah dengan air garam hangat untuk membersihkan kulit dari tumpukan kotoran yang kita sebut komedo ini. Untuk perawatan rutin, sebaiknya Anda rajin membersihkan wajah dengan produk yang tepat setiap bangun tidur atau sebelum tidur atau setelah berkegiatan di luar. Khususnya apabila jenis kulit Anda termasuk kulit berminyak, perawatannya harus lebih telaten lagi. Selain perawatan harian, lakukan juga perawatan mingguan yaitu dengan facial lengkap menggunakan masker dari bahan-bahan alami.