Daftar Menu Berbuka Puasa atau Takjil yang pas untuk anda

Salah satu hal yang ditunggu oleh umat islam ketika berpuasa adalah Waktu Berbuka Puasa. Sebelum waktu berbuka, umat muslim biasanya mempersiapkan menu berbuka puasa atau biasa disebut takjil yang bisa didapatkan dengan membeli dipasar ramadhan atau dengan membuat sendiri. Banyak jenis takjil yang dapat anda coba. Disini admin mencoba memberikan beberapa jenis menu berbuka puasa. Apa saja itu?simak penjelasan yang didapat admin dari situs openrice.com dibawah ini :

1. Kurma

Berbuka rasanya kurang pas jika tanpa adanya buah yang disunnahkan Rasullah yakni Kurma. Buah yang kaya akan khasiat kesehatan ini sangat cocok untuk mengisi energi yang hilang selama berpuasa.

2. Kolak Biji Salak

Meskipun memiliki nama biji salak namun bukan berarti makanan yang satu ini dibuat dari biji salak yang keras. Hal itu lebih didasarkan karena bentuk adonannya yang menyerupai biji salak. Adonan biji salak dalam kolak ini dibuat dengan menggunakan tepung yang disatukan dengan ubi jalar dan disajikan dengan santan. Kolak Biji Salak dapat anda sajikan ditambah es atau selagi panas.

3. Kolak Pisang

Makanan yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi orang indonesia karena menjadi ciri khas santapan indonesia. Makanan yang diisi pisang serta ubi jalar ini dapat anda nikmati sebagai menu berbuka puasa baik dalam keadaan dingin maupun panas. Setiap pasar ramadhan tentu akan menjumpai makanan yang satu ini karena rasanya yang lezat dan enak.

4. Jejongkong

Makanan yang berasal dari Lampung ini dapat juga menjadi salah satu daftar menu berbuka puasa anda. Jejongkong sendiri merupakan pengembangan dari kolak namun adonan yang digunakan berasal dari tepung beras, tepung ketan dan tepung kanji yang disertai warna dan rasa daun pandan. Arti Jejongkong sendiri adalah plesetan dari daun pandan yakni Jongkong.

5. Es Palu Buntung

Segar dan mengenyangkan mungkin kata yang pas untuk kuliner dari makassar ini. Kebanyakan orang mengetahui minuman khas makassar adalah Es Pisang Ijo. Namun, ada satu lagi wisata kuliner minuman yang berbahan dasar pisang yakni Es Palu Buntung. Es ini dibuat dari pisang kepok atau raja nangka yang sebelumnya dikukus lalu dipotong. Salah satu menu berbuka puasa yang disarankan karena mampu memberikan tenaga ekstra untuk anda. Namun anda tidak perlu jauh ke makassar jika ingin mencoba kuliner ini karena dikota besar seperti jakarta sudah banyak yang menjualnya.

6. Bubur Kampiun

Alasan Bubur khas minang ini dinamakan kampiun yang artinya pemenang adalah campuran yang digunakan untuk membuat bubur ini. Bagaimanan tidak, anda harus mencapurkan kolak pisang,bubur candil,bubur sumsum dan ketan hitam menjadi satu untuk menciptakan bubur kampiun. Saat hari biasa kuliner ini disantap untuk sarapan namun ketika ramadhan tiba maka menjadi salah satu takjil berbuka puasa yang pas.

7. Lemang

Makanan khas serumpun melayu ini sangat cocok menjadi teman berbuka puasa. Biasanya lemang disajikan dengan tapai sehingga muncul rasa manis saat memakannya.

8. Kue Basah

Indonesia terkenal dengan kekayaan kulinernya. Jadi tidak heran anda akan kebingungan memilih makanan karena banyaknya. Salah satunya adalah Kue Basah Tradisional. Jika anda berbicara kue basah maka banyak sekali jenis kue basah yang ada seperti putu mayang, kue bikang, wajik, kue lumpur, getuk lindri, kue bugis, kue talam, dadar gulung, lupis, serabi, ongol-ongol. Kue Basah inilah yang menjadi pilihan kebanyakan orang untuk menu berbuka puasa. Alasannya simple yakni rasa yang enak,bentuk unik,dan tidak ribet. Kue basah juga dapat anda jadikan peluang usaha saat ramadhan.

9. Es Cincau

Minuman berbentuk gel atau agar - agar yang dibuat dari daun cincau ini memiliki rasa yang manis serta segar. Cocok sekali untuk melepaskan dahaga setelah seharian berpuasa. 

Masih banyak lagi jenis makanan yang dapat anda jadikan takjil atau menu berbuka puasa. Semua sesuai dengan selera anda. Terima Kasih sudah berkunjung.