Kumpulan Peluang Usaha yang Cocok untuk Bulan Ramadhan

Peluang Usaha - Bulan Ramadhan hanya tinggal menunggu beberapa hari saja. Pada bulan Ramadhan umat islam berlomba - lomba untuk memperbanyak pahala karena pada bulan ini setiap kebaikan yang dilakukan maka pahalanya akan dilipatgandakan. Selain itu, momen puasa menjadi berkah tersendiri bagi orang yang dapat memanfaatkan peluangnya. Selama bulan puasa tingkat kebutuhan masyarakat semakin meningkat apalagi menjelang datangnya hari lebaran. Ada beberapa jenis usaha yang dapat anda lakukan selama bulan puasa sehingga dapat membantu keuangan ketika lebaran tiba atau sambil berkirim ucapan selamat ramadhan 1435H. Apa saja peluang usaha tersebut?simak dibawah ini :

Peluang Usaha Bulan Ramadhan

1. Jualan Makanan Takjil

Takjil merupakan semua jenis makanan yang disajikan ketika berbuka puasa. Banyak jenis makanan yang dapat dijadikan takjil seperti gorengan, martabak,kolak,bubur dan lainnya. Ketika berpuasa tentu sebagian orang akan malas membuat makanan berbuka sendiri. Momen inilah yang dapat anda ambil untuk menjual makananan buatan anda.

2. Minuman Berbuka Puasa

Selama seharian berpuasa menahan rasa haus tentu minuman menjadi pilihan utama ketika berbuka. Rasa haus inilah yang dapat anda jadikan peluang untuk menjual jenis minuman. Banyak minuman yang dapat anda jual seperti es kelapa,Es Campur,Sop Buah dan minuman ringan lainnya. Biasanya akan muncul pasar dadakan menjelang sore nah disinilah anda bisa menjual minuaman dan takjil buatan anda.

3. Busana Muslim

Menjelang bulan puasa trend busana muslim biasanya meningkat dengan drastis. Apalagi saat ini para wanita sedang digandrungi oleh trend hijab sehingga momen puasa biasanya menjadi berkah bagi pedagang busana muslim. Peluang ini juga bisa anda ambil sbagai bisnis usaha selama bulan puasa. Anda dapat memanfaatkan gadget dan social media yang anda miliki untuk menjualnya secara online.

4. Perlengkapan Ibadah Islam

Selain menjual busana muslim, anda juga bisa memanfaatkan momen bulan puasa untuk menjual perlengkapan ibadah seperti sajadah,mukena,al-qur'an,tasbih dan sarung.

5. Kue Lebaran

Anda mempunyai skill membuat kue yang enak maka gunakan skill anda yang miliki untuk membuat kue lebaran. Usahakan kue yang anda jual memiliki ciri khas sendiri dan berbeda dengan kue lainnya. Hal ini dapat meningkatkan brand anda sendiri sehingga meskipun puasa berakhir, namun kue anda tetap diburu.

6. Ketupat

Ketupat telah menjadi ciri khas dari lebaran namun kebanyakan orang tidak bisa membuat sendiri ketupat. Manfaatkan peluang ini untuk menjual ketupat buatan anda.

7. Kembang Api

Biasanya setelah tarawih ada beberapa tempat yang ramai dikunjungi seperti taman kota. Manfaat momen ramai ini dengan menjual kembang api. Namun jangan sampai anda menjual petasan karena selain dilarang, petasan juga dapat membahayakan.

8. Kartu Ucapan Selamat Lebaran

Punya kreativitas merangkai kata atau mendesain kartu ucapan maka manfaatkan untuk mendulang rejeki dengan menjualnya secara kreatif.

9. Rental Mobil atau Motor

Tidak setiap orang memiliki motor atau mobil maka bagi anda yang memiliki dapat menjadikannya peluang usaha. Hal ini berlaku jika kendaraan anda lebih atau tidak menggunakannya saat lebaran.

10. Tukar Uang Pecahan

Saat lebaran, uang pecahan kecil menjadi incaran karena banyak digunakan untuk berbagi thr dengan anak - anak. Manfaatkan peluang jasa penukaran uang kecil untuk THR. 

Masih banyak lagi ide kreatif yang dapat anda jadikan peluang usaha selama bulan puasa berlangsung. Sebaiknya lakukan usaha tersebut dengan jujur karena akan mendapatkan keberkahan dan keuntungan. Semoga bermanfaat.