Tips Merawat Kulit bagi Penderita Diabetes

Deka Levta

Diabetes adalah kondisi dimana kadar gula seseorang lebih tinggi dari ambang batas normal. Seorang penderita diabetes harus sangat berhati-hati dalam menjaga kesehatan seluruh anggota badan. Diabetes dapat mempengaruhi hampir semua bagian tubuh manusia. Bila diabetes tidak terkontrol, penderita mungkin harus menjalani amputasi dan menyebabkannya kehilangan salah satu anggota tubuhnya.
Beberapa kondisi yang parah pada penderita diabetes seringkali bermula dari kesehatan kulit yang tidak terjaga dan kelalaian si penderita itu sendiri. Kali ini kami akan berbagi tips “Cara Merawat Kulit Untuk Penderita Diabetes”.

Cara Merawat Kulit Untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes harus ekstra dalam menjaga kesehatan kulitnya. Sedikit luka kecil yang tidak segera diatasi dapat menjadi luka besar yang membahayakan jiwanya. Tidak seperti pada bagian tubuh yang lain, gangguan kesehatan pada kulit mudah diketahui dengan memperhatikan gejala yang terlihat dengan kasat mata. 

Cara Merawat Kulit Untuk Penderita Diabetes

Kulit seorang penderita diabetes lebih mudah terserang kuman atau jamur yang dapat menyebankan luka yang sulit untuk disembuhkan. Sebenarnya orang yang tidak menderita diabetes juga sangat mungkin mengalami serangan kuman atau jamur, namun karena kadar gula yang tinggi, luka pada penderita diabetes akan lebih sulit untuk disembuhkan dan memerlukan perawatan khusus. Cara merawat kulit untuk penderita diabetes dapat Anda pelajari dalam langkah-langkag berikut ini:

1. Jangan Abaikan Keringat Pada Penderita Diabetes:

Salah satu fungsi keringat adalah menjaga kelembaban kulit. Namun ingat, bagian tubuh yang berkeringat juga dapat menjadi tempat yang ideal sebagai tempat berkembangnya kuman. Untuk penderita diabetes, menjaga kebersihan badan adalah hal yang mutlak untuk dilakukan. Usahakan mengelap keringat, terutama pada bagian kulit yang tertutup, misalnya ruas jari kaki, ketiak dan selangkangan. Ingat, sedikit iritasi pada kulit penderita diabetes dapat menjadi bencana dikemudian hari.

2. Hindari Mandi Menggunakan Air Panas:

Air panas dapat membuat kulit menjadi lebih kering, karena itu gunakanlah air dingin saat mandi. Selain itu gunakanlah sabun mandi yang mengandung moisturizer/ pelembab. Selanjutnya gunakanlah hand and body lotion yang juga mengandung moisturizer untuk menjaga kelembaban kulit.

3. Gunakan Pakaian Berbahan Katun:

Katun adalah jenis kain yang nyaman digunakan dan lebih mudah menyerap keringat. Untuk penderita diabetes yang mudah berkeringat, gantilah pakaian sesering mungkin. Pakaian basah yang terlalu lama digunakan agar menyebabkan iritasi kulit.

4. Banyak Minum Air Putih dan Mengonsumsi Buah-Buahan:

Air putih sangat penting untuk untuk menunjang metabolisme, menetralisir racun, dan membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Selain itu konsumsilah buah-buahan dengan kandungan gula alami yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

5. Konsultasi Dengan Dokter:

Cara merawat kulit untuk penderita biabetes di atas sangat dianjurkan agar penderita diabetes terhindar dari masalah kulit. Namun bila luka kulit sulit disembuhkan, segera hubungi dokter untuk berkonsultasi dan mendapatkan pengobatan. 

Iritasi, luka, infeksi dan gangguan kulit lain yang tidak segera diatasi dapat menjadi bencana yang membahayakan jiwa penderita diabetes tersebut. Demikianlah Tips Cara Merawat Kulit Untuk Penderita Diabetes. Semoga informasi tersebut bermanfaat, terutama untuk Anda yang menderita diabetes atau untuk Anda yang memiliki keluarga yang menderita diabetes.