Tips Kecantikan dan Kesehatan Menggunakan Lidah Buaya

Tips Kecantikan dan Kesehatan Menggunakan Lidah Buaya - Anda mungkin lebih mengenal lidah buaya atau aloe vera sebagai tanaman hias yang sering ditanam di depan rumah untuk memperindah halaman agar terlihat lebih asri. Selain indah, lidah buaya ternyata juga memiliki kandungan yang berkhasiat untuk kecantikan dan kesehatan. Lidah buaya dapat digunakan untuk menyehatkan rambut, melembabkan kulit, menjaga kebersihan dan kesehatan gigi, bahkan dapat digunakan untuk mengobati luka. Semua khasiat lidah buaya terdapat dalam liur yang ada dalam daging buah lidah buaya yang berbentuk gel bening. 

manfaat lidah buaya
Selain mengandung banyak air, liur lidah buaya juga mengandung beberpa zat biologis aktif. Di antara zat tersebut adalah anthraquinon yang mempunyai efek laksatif untuk merangsang kerja usus, polysaccharida atau dikenal juga sebagai acetylated mannose, acemann yang termasuk dalam golongan karbohidrat yang dapat dimanfaatkan sebagai zat imunitas, zat prostaglandin yang berfungsi untuk menyembuhkan luka, asam lemak (terdiri dari kolesterol, trigliserida, steroid, lignin, asam urik, dan asam salisilat), asam amino, mineral (terdiri dari sodium, kalsium, magnesium, mangan, tembaga, seng, dan kromium) dan berbagai vitamin (B1, B2, B6, C, dan E). Selain zat yang sudah disebutkan tadi, lidah buaya juga mengandung senyawa anti-inflamasi, misalnya salisilat, glikoprotein dan senyawa lain yang bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan kulit baru.

Tips Kecantikan Menggunakan Lidah Buaya

Tips Kecantikan dan Kesehatan Menggunakan Lidah Buaya ini kami rangkum dari berbagai sumber. Berikut adalah beberapa manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan kecantikan:

1. Lidah Buaya Untuk Menyembuhkan Luka Luar:

Penyembuhan luka dapat dilakukan menggunakan lidah buaya karena lidah buaya mengandung berbagai mineral dan vitamin, yaitu zinc, vitamin C dan vitamin E. Zat-zat yang terdapat dalam lidah buaya memiliki fungsi antibakterial dan antifungal sehingga dapat digunakan mencegah infeksi pada luka.
Cara penggunaan lidah buaya untuk menyembuhkan luka luar:
Lidah buaya dapat dioleskan untuk mempercepat penyembuhan berbagai luka, misalnya luka bakar, luka superfisial, radang dingin, radang kulit, psoriasis, gigitan serangga, luka teriris, bisul, alergi tumbuhan, lecet, dan masalah dermatologis lainnya. Namun lidah buaya tidak untuk tidak digunakan pada luka dalam, misalnya luka karena operasi.

2. Lidah Buaya Untuk Perawatan Kulit Wajah:

Lidah buaya banyak mengandung vitamin dan mineral sehingga sering dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat produk kosmetik, misalnya sebagai emolien, pelembap dan penyegar kulit dan menyembuhkan jerawat. Penggunaan lidah buaya secara teratur dapat membantu menghaluskan sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

3. Lidah Buaya Untuk Menghaluskan Tangan:

Anda memiliki kulit tangan yang kering dan kasar? Atau mungkin kuku Anda rapuh? Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan lidah buaya. Caranya, oleskan lidah buaya pada kulit tangan yang kering atau kuku yang rapuh. Ldah buaya terbukti dapat mengatasi masalah pada tangan dan kuku, terbukti dari digunakannya lidah buaya sebagai bahan utama dalam berbagai produk kecantikan kulit. Lidah buaya dapat mengembalikan elastisitas kulit, dan menjaga kelembapan kulit dan menguatkan kuku.

4. Lidah Buaya Untuk Perawatan Rambut:

Khasiat lidah buaya untuk perawatan rambut sudah dikenal sejak berabad-abad lalu. Lidah buaya mampu mengatasi masalah rambut kusam, rontok dan ketombe. Kandungan protein pada lidah buaya yang dioleskan pada kulit kepala juga mampu memperkuat akar rambut, menyuburkan rambut, memperbarui sel-sel epitelial, melubrikasi rambut, menyehatkan dan melembabkan kulit kepala. 

Semoga informasi ringan mengenai manfaat lidah buaya bagi kecantikan ini dapat membantu anda.