Tips Cara Memilih Gitar Akustik Yang Bagus

Deka Levta

Para pecinta music pasti mempunyai sebuah gitar sebagai salah satu alat music yang mudah untuk dimainkan. Ada banyak sekali jenis gitar ada gitar elektrik dan ada juga gitar akustik. Gitar akustik memiliki body gitar yang berlubang dan juga dapat mengeluarkan bunyi yang halus dan indah. Setiap gitar mempunyai kualitas yang berbeda-beda. Ketika membelinya anda harus dapat membedakan mana gitar yang bagus dan mana gitar akustik yang jelek. Gitar akustik yang bagus mempunyai beberapa bagian yang istimewa. Inilah beberapa tips cara memilih gitar akustik yang bagus untuk bermain music. 
 Cara Memilih Gitar Akustik Yang Bagus

Kualitas Body Dan Bahan pembuat Gitar

Cara memilih gitar akustik yang bagus yang pertama adalah dengan melihat kualitas body dan juga bahan pembuat gitar tersebut. Kualitas bahan mempengaruhi suara yang dihasilkan oleh gitar tersebut. Bahan yang bagus adalah dengan menggunakan kayu rosewood atau spruce kedua jenis bahan tersebut dapat menghasilkan suara yang bagus dan nyaring.

Neck Dan Frek Gitar

Neck merupakan leher pada gitar sedangkan frek adalah strip tipis pada gitar yang berjarak pada bagian fingerboard gitar. Gitar akustik yang berkualitas bagus memiliki neck yang lurus dan tidak mudah bengkok serta terdapat besi penyangga didalam neck tersebut. Untuk frek pda gitar akustik yang bagus terbuat dari bahan stainless steel karena akan menghasilkan suara yang lebih bagus.

Tuning Peg

Tuning peg merupakan bagian gitar yang digunakan untuk menyetel suara yang keluar dari gitar akustik. Anda harus teliti dan cermat dalam memilih bagian tuning peg. Tuning peg yang jelek tidak akan menyetel suara gitar dengan baik. Sebaiknya pilihlah tuning peg yang terbuat dari stainless steel, supaya gitar akustik lebih awet dan tidak berkarat.

Cek Suara

Cara memilih gitar akustik yang bagus paling utama adalah dengan cara mengecek suaranya. Ceklah dengan teliti bagaimana gitar tersebut menghasilkan suara, terutama pada suara yang rendah. Gitar akustik yang tidak bagus jika kita menyetel suara diatas 12 fret, biasanya suara yang dihasilkan akan sedikit fals. Jadi ketika membeli gitar akustik anda harus benar-benar teliti dan cermat. 

Beberapa cara diatas dapat anda lakukan ketika anda membeli gitar akustik yang berkualitas bagus. Jangan sampai anda salah beli gitar yang tidak dapat mengeluarkan bunyi yang seperti anda inginkan. Untuk masalah body itu juga tergantung selera anda. Gitar akustik ada yang berbentuk kecil ada juga yang berbentuk standar gitar. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan anda. Itulah beberapa cara memilih gitar akustik yang bagus, semoga dapat bermanfaat untuk anda.