Tips berpakaian dan Dandanan yang tepat saat wawancara kerja

Deka Levta

Hal yang paling diinginkan setiap orang adalah memiliki pekerjaan apalagi jika bekerja diperusahaan yang sudah lama diinginkan. Waktu yang paling ditunggu sebelum bekerja adalah wawancara pekerjaan. Bagi perusahaan wawancara kerja itu penting karena dengan adanya kegiatan ini maka perusahaan dapat menilai seseorang ini pantas atau tidak bekerja diperusahaan tersebut. Bagi seorang pelamar, wawancaa kerja merupakan pintu masuk untuk melangkah bekerja diperusahaan tersebut. Namun hal yang menarik dari wawancara kerja adalah kebingunan sang pelamar dalam hal menentukan dandanan dan pakaian yang akan dipakai saat wawancara. Hal ini bisa dimaklumi kerena  terkadang suatu perusahaan menilainya sang pelamar dari segi penampilan. Lalu Warna Pakaian apa yang sebaiknya digunakan?Dandanan yang bagaimana agar sang pewawancara tertarik dengan kita?Simak penjelasan dibawah ini :


Bagian pertama yang akan kita bahas ialah warna pakaian yang akan kita pilih. Luangkan waktu anda untuk memilih baju yang cocok saat dipakai ketika wawancara. Jangan sampai saat hari H anda tergesa - gesa karena belum memilih pakaian. Memilih pakaian sebelum hari H ditujukan agar anda tidak memakai baju yang sobek,bernoda atau tidak rapi. Saat memilih warna pakaian maka pilihah warna yang dapat memberikan kesan terhadap orang disekitar anda. Banyak pakar yang menyarankan warna biru karena warna biru  dapat membuat anda terlihat menarik dikesan pertama. Secara psikologi warna biru banyak dipilih lantaran karena 3 hal yakni :
1. Warna yang menyenangkan
2. Warna Biru dapat menciptakan rasa percaya diri
3. Warna Biru juga dapat membantu merangsang kreativitas anda.
Setelah pemilihan Baju selesai, selanjutnya dandanan anda juga harus diperhatikan terutama bagi anda pelamar wanita. Berikut tips berdandan yang perlu anda perhatikan.

1. Pilih Baju Sesuai keadaan
Admin telah menyampaikan hal ini, silahkan baca lagi keatas.
2. Rapi
Pada tips pemilihan baju diatas sudah dijelaskan bahwa jangan sampai anda memakai baju yang kusut. Berpenampilan rapi mengidentifikasikan bahwa anda serius untuk melamar dipekerjaan tersebut.
3. Gaya Rambut
Bagi pria gunakan minyak rambut agar rambut anda terlihat rapi dan tidak urakan. Bagi wanita, gunakan bando dan jepit rambut sehingga rambut anda tidak terjuntai dan menggangu saat sedang berbicara atau bagi yang rambut panjang bisa dikuncir kuda terlebih dahulu. Usahakan tampil sederhana dan rapi.
4. Makeup
Hal ini berlaku bagi pelamar wanita yakni gunakan makeup yang dapat menimbulkan kesan natural anda disiang hari. Jangan gunakan eyeliner yang memiliki warna berat ataupun menggunakan glittery eye shadow. Gunakan makeup yang dapat menampilkan sisi menarik dari dalam diri anda.
5. Aksesoris dan Parfum
Gunakan aksesoris yang sewajarnya bukan malah pamer karena hal ini dapat mempengaruhi penilaian penguji terhadap anda. Gunakan juga parfum yang tidak terlalu menyengat karena dikhawatirkan bukan membuat tenang malah membuat pusing sang penguji. 

Admin rasa beberapa tips diatas sudah cukup membantu and tampil percaya diri saat interview kerja. Namun semua itu kembali lagi kepada anda untuk mengikuti atau tidak tips diatas. Terima kasih