Cara Okulasi Pohon Mangga yang Tepat

Deka Levta

Memperbanyak jenis tanaman atau untuk memperbaiki kualitas tanaman agar menjadi lebih unggul ada banyak cara, salah satunya yaitu dengan melakukan okulasi. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara okulasi pohon mangga yang tepat supaya hasil tanamannya menjadi lebih unggul. Okulasi sendiri harus dilakukan pada jenis tanaman yang memiliki kualitas baik dengan tanaman lain yang dengan kualitas unggul juga. Sehingga, hasil yang didapatkan menjadi varietas yang memiliki kualitas lebih baik. Sebagai contohnya, tanaman mangga yang memiliki buah lebat di okulasi dengan tanaman mangga yang berbuah manis. Maka hasil varietas dari tanaman mangga tersebut akan berbuah lebat dan juga manis. 

Cara Okulasi Pohon Mangga yang Tepat

Berikut ini Langkah-Langkah Melakukan Okulasi Pada Tanaman Mangga.
  1. Cara okulasi pohon mangga yang harus benar-benar diperhatikan yaitu saat pemilihan tanaman mangga tersebut harus yang berkualitas, memiliki batang pohon yang kuat, berbuah lebat dan sehat. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan tunas tanaman mangga yang berbuah manis dan besar.
  2. Setelah itu, tentukan bagian posisi batang tanaman yang akan disayat. Sebisa mungkin tidak terlalu dekat dengan bagian pangkal batang tanaman mangga.
  3. Kemudian, sayat kulit batang tanaman mangga secara perlahan dengan ukuran kurang lebih 3 cm. Namun saat menyayat harus dilakukan dengan hati-hati, jangan sampai kambium pada batang tanaman terluka. Apabila kandungan kambium tersebut tebal, maka tanaman mangga siap di okulasi.
  4. Saat menyayat tanaman, pada bagian bawah harus disisakan yang akan digunakan sebagai pijakan.
  5. Menggunakan tunas mangga yang memiliki buah manis, tanaman yang kuat terhadap serangan hama dan juga memiliki buah yang manis. Selain itu, tunas juga harus dalam kondisi sehat atau pilih tunas yang memiliki kondisi yang sehat dengan bagian kulit batang yang berwarna hijau keabu-abuan.
  6. Cara okulasi pohon mangga yaitu dengan membuang daun yang terdapat pada tunas. Kemudian siapkan batang yang memiliki kurang lebih 3 sampai 4 mata tunas. Potong batang miring dan sesuaikan dengan sayatan batang yang utama.
  7. Atur dengan baik posisi sayatan tunas agar dapat menempel secara benar pada sayatan batang yang utama. Kemudian, selipkan pada bagian kulit sayatan pada batang utama yang masih tersisa untuk pijakan dan tahan dengan menggunakan tangan dan jangan sampai posisinya berubah pada saat dibungkus.
  8. Bungkus dengan plastik dengan rapi dan rapat tetapi jangan terlalu kencang.
Demikian cara okulasi pohon mangga yang tepat dan dapat menghasilkan buah yang berkualitas pada tanaman mangga yang baru. Selamat mencoba!