7 Macam Aromaterapi Penghilang Stress

Deka Levta

Berbagai kesibukan yang dilakukan sepanjang hari kerap membuat kita tertekan dan stress sehingga berdampak pada hilangnya ketenangan hidup yang pada akhirnya akan menurunkan produktifitas kerja. 
Aromaterapi Penghilang Stress

Ada beberapa cara untuk meredakan stress, misalnya dengan berekreasi, meditasi bahkan belanja untuk melupakan kepenatan yang sudah memuncak. Sebenarnya kita dapat meredakan stress dengan cara yang mudah, murah dan lebih bermanfaat. Cara untuk meredakan stress yang kami maksud adalah menggunakan aroma terapi. Cara tersebut benar-benar murah bila dibandingkan cara lain untuk menghilangkan stress. Kali ini kami akan berbagi 7 Aromaterapi Untuk Meredakan Stres yang dapat Anda gunakan di rumah atau tempat kerja Anda.

Aromaterapi Untuk Menghilangkan Stress

7 jenis aromaterapi untuk meredakan stres ini adalah pilihan terbaik, paling setelah kami memilihnya diantara puluhan jenis aromaterapi yang sudah kami gunakan sebelumnya. 7 jenis aromaterapi untuk meredakan stres tersebut adalah kayu cendana, pepermint, neroli, marjoram, chamomile, lavender dan Basil. Fungsi dan cara penggunaan dari 7 aromaterapi untuk meredakan stres tersebut akan kami jelaskan sbb:

1. Aromaterapi Kayu Cendana

Aromaterapi kayu cendana akan berfungsi mengurangi ketegangan dan kecemasan. Bau wangi kayu cendana sering digunakan untuk sarana bermeditasi. Diantara ketujuh aroma terapi yang kami bahas di sini, aromaterapi cendana adalah paling dikenal di Indonesia, bahkan sejak ratusan tahun silam

2. Aromaterapi Pepermint

Selain bersifat menenangkan, aromaterapi pepermint juga dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala. Caranya adalah dengan meneteskan beberapa tetes minyak pepermint pada handuk yang sebelumnya sudah direndam dengan air panas. Tempelkan handuk tersebut pada leher dan dahi Anda, alalu tarik napas dalam-dalam dan saat itu juga Anda akan merasakan kesegaran yang akan meredakan depresi dan sakit kepala Anda.

3. Aromaterapi Neroli

Selain menenangkan pikiran, keunggulan lain dari aromaterapi neroli adalah dapat meningkatkan konsentrasi. Tuangkan beberapa tetes minyak Neroli pada tissue atau cotton bud, lalu letakkan dalam ruangan Anda dan rasakan khasiat aromaterapi neroli.

4. Aromaterapi Marjoram

Mungkin nama “Marjoram” asing di telinga Anda, namun sebanranya tanaman tersebut sangat populer, terutama di beberapa negara Mediterania dan Asia. Selain bersifat menenangkan, aromaterapi marjoram bermanfaat untuk menghilangkan mual. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan ekstrak marjoram ke perut dan dada Anda, lakukan dengan gerakan memijat secara melingkar.

5. Aromaterapi Chamomile

Chamomile tumbuh di sebagian besar Eropa dan beberapa negara di Asia. Tanaman tersebut tidak bisa tinggi, hanya dapat antara 15 hingga 60 cm. Chamomile sudah sangat populer digunakan sebagai aromaterapi untuk mengatasi stress, bahkan meredakan panik. Penggunaan Aromaterapi Chamomile untuk aromaterapi adalah dengan meneteskan ektrak chamomile pada telapak tangan Anda, lalu hiruplah aroma chamomile menggunakan hidung, alalu keluarkan melalui mulut. Lakukan cara tersebut bebeberapa kali. Tidak lama kemudian secara perlahan piiran Anda akan menjadi lebih tenang.

6. Aromaterapi Lavender

Bunga lavender dengan warnanya yang ungu sudah sejak 500 tahun lalu digunakan sebagai parfum dan obat alami anti nyamuk. Penggunaan Aromaterapi Lavender ada beberapa macam, misalnya dengan meneteskan aromaterapi lavender ke dalam bak mandi, lalu Anda masuk dan berendam sambil mengusapkannya pada seluruh kulit Anda. Cara tersebut akan membuat kulit Anda lebih segar dan beraroma harum. Sedangkan penggunaan lavender sebagai aromaterapi di ruangan adalah dengan menyalakan lilin aromaterapi beraroma lavender. Segera setelah asap aromaterapi menyebar dalam ruangan, Anda akan merasakan perasaan yang nyaman untuk meredakan pikiran Anda yang tegang.

7. Aromaterapi Basil

Aromaterapi basil sangat ampuh untuk melawan bad mood dan meredakan pikiran yang tegang. Penggunaan aromaterapi basil akan membuat pikiran menjadi jernih, meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan semangat kerja. Untuk Anda yang ingin melepas penat di malam hari, Anda dapat menggunakan handuk yang sudah direndam dalam air panas, lalu teteskan sedikit minyak aromaterapi basil. Usapkan handuk hangat tersebut pada kaki, tangan, leher dan wajah sebelum Anda tidur. 

Aroma terapi adalah cara yang murah untuk relaksasi. Selain murah, penggunaan aromaterapi juga aman, tentunya selama Anda menggunakan aromaterapi yang alami dan tanpa tambahan bahan kimia. Untuk memperolehnya, belilah di toko yang terpercaya yang menyediakan aromaterapi asli. Demikianlah 7 Jenis Aromaterapi Untuk Meredakan Stres, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.