Ragam Manfaat Minum Kopi untuk Tubuh Manusia

Manfaat Minum Kopi - Siapa yang tidak kenal kopi ? Pastinya kopi termasuk dalam daftar minuman favorit yang sering dihidangkan jika tamu datang ataupun pada saat nongkrong bersama teman-teman. Menurut penelitian, ternyata kopi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain dapat membantu mengurangi stres dengan banyaknya aktivitas yang Anda lakukan, ternyata kopi juga dapat meningkatkan semangat kerja ketika beraktivitas. Selain membantu pikiran untuk menjadi lebih fokus, kopi juga memiliki banyak sekali manfaat jika dikonsumsi, terutama pada pagi hari sebelum Anda beraktifitas. 

Manfaat Minum Kopi

Manfaat Minum Kopi

Kopi Dapat Melancarkan Sirkulasi Udara

Menurut penelitian dibeberapa negara berkembang, ada perbedaan sirkulasi darah ketika seseorang minum kopi sebelum beraktvitas dan tidak minum kopi. Aliran darah orang yang minum kopi sebelum beraktifitas meningkat sebanyak 30 persen selama 75 menit. Jika di bandingkan dengan orang yang tidak minum kopi, aliran darah pada orang yang terbiasa meminum lebih lancar, sehingga semakin banyak oksigen yang masuk kedalam tubuh. Dengan lancarnya aliran darah ini, orang yang terbiasa minum kopi tidak akan merasakan pusing dipagi hari.

Kopi Mampu Meningkatkan Daya Ingat

Berdasarkan kasil penelitian, kandungan kafein pada kopi dapat membantu sesorang dalam meningkatkan daya ingat bahkan setelah sehari dikonsumsi.

Kopi Membantu Mengurangi Nyeri Otot

Para ilmuwan mengungkapkan bahwa orang yang minum secangkir kopi sebelum melakukan aktivitas dapat membantu mengurangi nyeri pada otot. Kandungan kafein dalam kopi berkhasiat meningkatkan sistim imun (kekebalan tubuh) dan kekuatan otot .

Membantu Meregenerasi Otot

Seperti yang sudah dibahas diawal, kopi mengandung kafein yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi cidera pada otot. Kafein dapat membantu memperbaiki kekuatan otot yang mulai lemah akibat bertambahnya usia. Regenerasi otot dapat terlihat pada otot diafragma saat seseorang bernapas.

Kopi Menjadi Sumber Kekuatan Bagi Otot

Para atlet sering menggunakan kopi sebagai penambah semangat saat melakukan latihan setiap harinya. Atlet banyak menggunakan kafein dan karbohidrat sebagai penghasil glikogen yang berfungsi sebagai sumber energi pada otot. 

Selain manfaat kopi yang sudah disebutkan di atas mengkonsumsi kopi secara berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan. Sesuai anjuran dokter, jumlah kafein yang boleh dikonsumsi hanya 6 miligram per kilogram berat badan. Demikianlah beberapa manfaat minum kopi ketika beraktifitas, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda.