Ragam Manfaat Bengkoang bagi Kesehatan dan Kecantikan

Deka Levta

Manfaat Bengkoang - Bengkoang memiliki banyak nutrisi yang sangat berperan untuk kesehatan kulit dan tubuh kita. Selain itu, bengkoang memiliki kandungan mineral tinggi sepeti fosfor, besi, kalsium juga vitamin C. Karena kandungan air yang tinggi, banyak orang menggunakan bengkoang sebagai penyegar tubuh. Bengkoang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Banyak orang memanfaatkan bengkoang sebagai bahan utama pada produkkecantikan, seperti lotion, masker, lilir atau sabun. Sifat anti oksidan pada bengkoang ini dapat mencegah kerusakan kulit karena radikal bebas. Selain itu bengkoang juga mengandung zat fenolik yang dapat menghambat pembentukan melanin sehingga kulit menjadi lebih tahan dari pengaruh burk dari luar, terutama karena paparan sinar matahari yang berlebihan.
Manfaat Bengkoang

6 Manfaat Bengkoang yang harus Anda Ketahui

1. Mengobati wasir

Bengkoang mengandung serat tinggi yang dapat membantu memperlancar saluran pencernaan sehingga buang air besar menjadi lebih mudah dan wasir bisa teratasi. Anda dapat mengonsumsi bengkoang dalam bentuk jus untuk diminum secara rutin pada pagi hari.

2. Mengobati demam

Bengkoang memiliki kandungan senyawa kimia yang dapat membantu menurunkan suhu tubuh saat demam. Anda dapat mengonsumsi umbi bengkoang secara langsung, atau Anda dapat membuat jusbengkoang untuk diminum pada pagi dan sore hari.

3. Mengobati diabetes mellitus

Bengkoang berperan untuk mengatur dan mempertahankan kadar gula dalam darah. Serat yang terkandung dalam bengkoang akan di serap pada pencernaan secara perlahan dan tidak semua diubah menjadi glukosa sehingga dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Anda dapat mengonsumsi bengkoang dalam bentuk jus ataupun dimakan secara langsung.

4. Mengobati sariawan

Sariawan biasa ditandai dengan pengikisa kulit mulut pada bagian dinding lidah atau pipi. Sariawan bisa jadi disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin C,alergi, atau penurunan daya tahan tubuh. Bengkuan memiliki kandungan vitamin c yang cukup tinggi dan berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan pada sariawan. Anda dapat mengkonsumsi bengkoang secara langsung aupun dalam bentuk jus .

5. Sumber fitoesterogen alami

Wanita pada usia lanjut sangat membutuhkan fitoesterogen saat memasuki masa menopause karena tubuh tidak lagi memproduksi hormon esterogen dalam jumlah yang cukup. Bengkoang mengandung esterogen yang dapat mengatasi kemunduran fisik termasuk kulit keriput dan tulang rapuh. Sehingga bengkoang dapat mengatasi keluhan pada wanita yang memasuki masa menopause dan membuat tubuh menjadi segar.

6. Menurunkan kolesterol dalam darah.

Kandungan air dan serat yang sangat tinggi pada bengkoang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi, bengkoang dapat berperan sebai antioksidan bagi tubuh. Konsumsi jus bengkoang secara rutin dapat membantu menurunkan kolesterol Anda. 

Demikian adalah beberapa tips kesehatan dan kecantikan menggunakan bengkoang , semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda.