Kenali beberapa Penyebab Perut Buncit

Deka Levta

Dulu memiliki badan yang gemuk sering melambangkan kesejahteraan dan kemakmuran, karena itu juga banyak orang yang ingin memiliki badan gemuk, nahkan perut yang buncit untuk memberikan kesan gagah pada diri mereka. Tapi sekarang jaman sudah berubah. Perut buncit identik dengan penyakit yang memiliki resiko dapat memicu kematian diusia muda. Bagi kebanyakan orang, mengecilkan perut buncit sangatlah susah, tapi bukan berarti hal tersebut tidak mungkin untuk dilakukan. 

 

Faktor Penyebab Perut Buncit

Lemak

Lemak merupakan faktor utama penyebab perut buncit. Lemak tediri dari dua jenis. Pertama, perut buncit yang lunak mengandung lemak subcutaneous. Sedangkan kedua, perut buncit yang keras yang mengandung lemak visceral (lemak di antara otot dan organ). Jenis lemak yang kedua tersebut sangat rentan terhadap penyakit dalam dan kardiovaskuler sehingga menyebabkan organ internal terdorong dan mengganggu sistem pencernaan.
Pria pada umumnya menyimpan lemak jenis visceral, sedangkan wanita cenderung menyimpan lemak subcutaneous. Lemak visceral lebih mudah untuk hilang, itulah alasanya mengapa kebanyakan pria lebih mudah menurunkan berat badannya dibandingkan wanita.
Satu hal yang pasti, baik itu lemak subcutaneous ataupun visceral adalah indikasi masalah kolesterol dan beresiko terkena penyakit jantung koroner. Untuk mencegahnya sangat disarankan bagi Anda untuk memperbanyak makan buah-buahan, sayuran dan rutin berolahraga.

Faktor Genetik

Keturunan juga termasuk faktor penting penyebab perut Anda buncit. Hal ini sulit dihindari dan dihilangkan karena gen dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap terjadinya perut buncit. Jika ini adalah faktor utama penyebab perut buncit dan Anda ingin menghilangkan masalah itu, ada baiknya anda melakukan konsultasi dengan dokter dan mencari solusi yang tepat untuk membantu diet anda.

Penuaan

Saat bertambahnya usia, produksi hormon dehydroepiandrosterone dalam tubuh akan semakin menurun sehingga terjadi peningkatan akumulasi lemak dalam tubuh. Selain itu, pada saat menopause hormon esterogen mengalami penurunan yang mengarah pada peningkatan lemak di perut.

Makanan dan Minuman Tertentu

Makanan cepat saji adalah alasan yang paling umum yang menyebabkan perut Anda menjadi buncit. Makanan cepat saji memiliki jumlah kalori dan lemak yang tinggi. Selain itu minum-minuman yang berakohol seperti bir dan juga minum-minuman bersoda dapat membuat otot semakin kendor.
Memiliki kebiasaan merokok juga merupakan salah satu alasan mengapa perut Anda menjadi buncit, karena merokok dapat merusak kinerja pencernaan. 

Demikianlah faktor-faktor penyebab perut buncit, semoga dapat menambah pengetahuan anda.