Hati–hati ! Galau Dapat Menyebabkan Alzheimer

Deka Levta

Apakah sobat pernah mendengar istilah Alzheimer. Jika belum maka admin akan memberi tahu. Alzheimer adalah suatu penyakit pikun atau lupa ingatan yang terjadi pada orang berusia lanjut. Penyebab utama Alzheimer adalah faktor genetis, gaya hidup tidak sehat stres atau depresi. Lalu apa hubungannya dengan Galau yang banyak dihadapi para pemuda pemudi saat ini. Kusuma Dewi Suharya yang merupakan direktur executive Alzheimer's menyatakan pernyataan seputar galau. Menurut beliau, galau dapat menyebabkan Alzheimer. Jadi sebisa mungkin kurangi keadaan galau yang ada pada diri anda. Bagaimana pencegahan Alzheimer. Berikut penjelasannya :
Cara Mencegah Alzheimer

Penderita Alzheimer di Indonesia

Alzheimer's Indonesia (ALZI) mencatat bahwa jumlah penderita Alzhemeir Indonesia pada tahun 2014 setidaknya ada 1 juta orang. Lebih parah lagi, jumlah tersebut diperkirakan akan meningkat drastis hingga dua kali lipat pada tahun 2030, dan masih akan meningkat hingga 4 juta pada tahun 2050. Alzheimer adalah penyakit yang tidak mematikan, namun sangat mengganggu bagi penderita, bahkan orang-orang yang ada disekitar mereka, terutama keluarga mereka sendiri. Alzheimer cukup sulit untuk disembuhkan, terutama karena pengobatan Alzheimer membutuhkan biaya yang tinggi. 

Kusuma Dewi Suharya juga mengatakan bahwa ibunya juga menderita Alzheimer. Dia mengatakan bahwa biaya pengobatan untuk penderita Alzheimer mencapai Rp. 7 juta hingga Rp. 10 juta per bulan, biaya tersebut digunakan untuk pembelian obat, pampers, makanan khusus dan pengobatan rutin lainnya.

Cara Mencegah Alzheimer

Mayoritas penduduk Indonesia menganggap bahwa Alzheimer adalah gejala yang biasa dialami oleh orang berusia lanjut, karena itu pemahaman tentang Alzheimer sangat kurang. Alzheimer dapat menyebabkan berbagai masalah, misalnya kondisi orang tua yang bertingkah laku seperti anak kecil, mengompol, rewel, lupa ingatan, lupa keuarga, bahkan lupa pada diri sendiri. Kasus orang tua yang tersesat dan hilang adalah salah satu akibat yang disebabkan karena Alzheimer. 

Alzheimer sebenarnya bisa diantisipasi lebih dini, misalnya dengan melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi ada atau tidaknya potensi Alzheimer pada seseorang. Pemeriksaan tersebut dapat dilakukan di beberapa rumah sakit yang melayani perarwatan Alzheimer, misalnya di Klinik Memory RSUP Dr Sardjito di kota Yogyakarta. Biaya yang dibutuhkan untuk melakukan pemeriksaan Alzheimer juga tidak mahal, yaitu sekitar Rp. 300 ribu 

Pola hidup sehat, pola makan dan pengendalian emosi sangat diperlukan untuk mencegah Alzheimer di masa tua. Masa tua adalah masa istirahat bagi semua orang, dimana saat itu semua orang tua seharusnya dapat menikmati hal-hal yang tidak bisa dirasakan ketika mereka masih muda dan disibukkan dengan berbagai pekerjaan. Karena itulah kita harus sependapat bahwa Alzheimer harus mendapatkan perhatian khusus sebelum terlambat. Demikianlah sekilas informasi tentang Alzheimer, semoga bermanfaat untuk Anda.