Cara Mencegah Penuaan Dini Secara Alami

Penuaan dini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya pola hidup yang tidak sehat dan kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengganggu kesehatan tubuh. Tubuh yang tidak sehat akan terlihat dari penampilan seseorang. Hal tersebut terlihat dari kulit yang telihat kusam, raut muka yang tidak segar, melemahnya jaringan otot dan jaringan lemak yang akan mengakibatkan seseorang terlihat lebih tua dari umur yang sebenarnya, atau biasa disebut penuaan dini
Cara Mencegah Penuaan Dini Secara Alami
Untuk mencegah penuaan dini tidak ada cara lain selain menerapkan pola hidup sehat yang seimbang, misalnya dengan berolah raga secara teratur, isitirahat yang cukup, dan mengonsumsi makanan dan minuman yang berperan untuk menjaga Anda tetap terlihat sehat dan cantik.
Tips kali ini adalah Cara Mencegah Penuaan Dini Secara Alami, dan kali ini kami akan membahas tentang beberapa jenis makanan alami yang berperan untuk mencegah penuaan dini.

Makanan Alami Untuk Mencegah Penuaan Dini:

Beberapa makanan sebaiknya ganti menu makanan Anda dengan makanan yang baik untuk menutrisi kulit. Berikut adalah beberapa macam makanan terbaik yang dapat membuat Anda tidak cepat kelihatan tua :

1. Alpukat

Selain berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat dalam darah, kandungan vitamin E dan lemak tak jenuh dalam alpukat sangat baik bagi untuk membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. Zat lain yang terdapat dalam alpukat adalah kalium yang berfungsi untuk mencegah tekanan darah tinggi.

2. Berrie, apel, anggur dan plum

Flavonoid berperan sebagai anti oksidan bagi tubuh. Beberapa buah yang mengandung flavonoid adalah berry, buah apel, anggur dan plum. Buah yang temasuk dalam kelompok berry adalah blackberry, bluberry, dan stroberi. Flavonoid berguna sebagai anti oksidan yang akan melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas yang menjadi penyebab utama penuaan dini.

3. Kacang kenari

Kacang adalah bahan alami yang mengandung serat, mineral dan lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh. Kacang kenari merupakan salah satu jenis kacang yang banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Selain itu kenari juga mengandung kalium, magnesium, besi, seng, tembaga dan selenium yang dapat membantu menyehatkan kulit, mencegah terjadinya kanker kulit, memperbaiki organ pencernaan dan menjaga kekebalan tubuh.

4. Semangka

Buah dan biji semangka mengandung banyak nutrisi, diantaranya adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, selenium, asam lemak esensial, dan seng. Zat-za yang terkandung dalam buah dan biji semangka tersebut bermanfaat untuk kesehatan tubuh, mencegah proses penuaan dini dan membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas

5. Bawang putih

Bawang putih mengandung antioksdian yang berperan melawan radikal bebas. Semakin kuat aroma bawang, maka semakin besar pula khasiat yang dimiliki bawang tersebut untuk mencegah penuaan dini. Selain itu bawang putih juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, mencegah kanker dan menbantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

6. Ikan

Ikan banyak mengandung asam lemak omega 3 yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh, memperbaiki fungsi otak, menjaga sistem imun, dan menjaga kesehatan kulit. Jenis ikan yang memiliki kandungan omega 3 tinggi adalah salmon dan tuna. 

Penuaan adalah hal alami yang pasti terjadi pada semua manusia, sedangkan penuaan dini adalah hal yang tidak terjadi pada semua orang dan dapat dicegah. Makanan yang disebutkan di atas memang berperan untuk mencegah penuaan dini, namun pola hidup sehat, manajemen stress dan keseimbangan antara aktifitas dan istirahat juga harus dilakukan untuk mencegah penuaan dini. Demikianlah tips Cara Mencegah Penuaan Dini Secara Alami, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda