Cara Agar Wajah Bersih dan Bebas Jerawat

Banyak orang mengeluh dengan berbagai macam masalah kulit. Salah satunya yang umum adalah masalah jerawat. Banyak sekali cara untuk dapat menghindari jerawat diwajah kita. Selain dengan melakukan diet, rutin membersikan wajah adalah kunci utama untuk dapat membebaskan wajah dari jerawat. Mengkonsumsi makanan yang baik untuk kulit dan tidur secara teratur. Anda perlu mengenali dan menghindari apapun yang dapat membuat jerawat semakin banyak. Makanan berminyak, make up, dan stres dapat memperburuk kulit dan menumbulkan jerawat berlebih.
Berikut adalah cara agar wajah bersih dan bebas jerawat:

Cara Agar Wajah Bersih dan Bebas Jerawat

1. Membuka pori-pori

Selain berfungsi sebagai indera peraba, kulit juga sebagai saluran untuk mngeluarkan berbagai racun dan zat yang tidak dibutuhkan tubuh yang dilakukan bersamaan dengan keluarnya keringat melalui pori-pori yang terdapat pada kulit. Pori-pori yang tersumbat adalah salah satu faktor utama penyebab jerawat. Untuk menjaga agar pori-pori bekerja secara efektif Anda harus rutin membersihkan kulit dengan menggunakan sabun dan air untuk menghilangkan kotoran dan sisa-sisa make up yang melekat pada wajah Anda. Gunakan handuk bersih untuk mengurangi infeksi bakteri dan mencegah agar jerawat tidak bertambah. Cuci wajah Anda terutama setelah beraktifitas di luar ruangan dan sebelum tidur. Untuk pori-pori yang sudah tersumbat dan meyebabkan jerawat, Anda dapat dapat menggunakan stem untuk membuka pori-pori yang tersumbat. Selain itu Anda juga dapat menggunakan exofoliant atau masker dengan scrub yang mengandung glycolic atau alpha hydroxy acids dan retinol.

2. Mematikan bakteri

Gunakan pembersih wajah yang dilengkapi dengan antibakteri, misalnya benzoil peroksida. Selain itu Anda juga dapat menggunakan topikal yang biasanya berbentuk gel atau krim yang cara pemakaiannya adalah dengan dioleskan pada daerah wajah yang berjerawat

3. Kurangi produksi minyak yang berlebihan

Kita tidak dapat menghentikan produksi minyak pada kelenjar minyak, tapi Anda masih dapat menguranginya produksi minyak yang berlebihan, terutama pada wajah. Gunakan astringent atau toner untuk mengurangi produksi minyak berlebih. Anda juga dapat menggunakan produk perawatan yang memiliki kandungan asam glikolat untuk membantu membersihkan dan membantu pengelupasan kulit. Cara lain untuk mengurangi produksi minyak adalah dengan menggunakan masker yang mengandung belerang. 

Demikianlah beberapa cara agar wajah bersih dan bebas jerawat. Namun ingat, lakukan cara-cara di tas secara rutin dan teratur. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga tips kecantikan ini bermanfaat unutk Anda.