7 Makanan Sehat Pemberi Rasa Kenyang Lebih Lama

Deka Levta

Saat Anda menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, tentunya Anda akan mengatur seberapa banyak asupan makanan dan akan mengurangi porsi makanan dalam jumlah yang cukup besar sehingga Anda pasti sering merasa lapar dan lemas yang akhirnya mengakibatkan aktifitas harian Anda terganggu. Seringkali diet yang Anda lakukan gagal karena tidak dapat menahan rasa lapar. Ternyata ada beberapa jenis makananan yang dapat membantu Anda menjalani program diet dengan baik dan memberikan rasa kenyang lebih lama. 

7 Makanan Sehat Pemberi Rasa Kenyang Lebih Lama

Buah Apel

Apel kaya akan serat dan air yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Makanlah apel sebelum sarapan pagi, dengan begitu asupan karbohidrat pada tubuh akan berkurang karena perut sudah terasa kenyang.

Alpukat

Alpukat dapat memberikan rasa kenyang hingga 10 jam. Jika Anda mengonsumsi alpukat saat makan siang, maka anda akan merasa kenyang sampai sore hari. Berdasarkan hasil penelitian, wanita yang mengonsumsi setengah buah alpukat saat siang hari 30 persen merasa kenyang, dan nafsu makan menurun 25 persen sampai 3 jam.

Kacang-kacangan

Konsumsi Kacang-kacangan yang kaya akan protein, serat dan antioksidan dapat membantu memberikan rasa kenyang. Kacang pada dasarnya mampu mengontrol nafsu makan karena mengandung kadar lemak tak jenuh, protein dan serat alami.

Coklat Hitam

Coklat diketahui dapat membantu mengurangi stress serta dapat melindungi jantung dan otak. Coklat dapat memberikan rasa kenyang dan dapat mengekang keinginan untuk makan makanan manis atau asin. Menurut penelitian, konsumsi coklat hitam dapat membantu mengurangi kalori sebanyak 17 persen.

Telur

Gunakan telur sebagai pendamping sarapan anda baik dalam bentuk lauk ataupun sandwich. Telur mengandung protein yang dapat memberikan rasa kenyang hingga siang hari. Selain itu, dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, nutrisi yang dibutuhkan tubuh sudah tercukupi tanpa harus mengonsumsi kalori dalam jumlah yang banyak.

Havermut

Havermut atau yang biasa disebut oatmeal adalah makanan tinggi serat dan protein yang dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama. Selain itu, havermut mengandung beta glucan yang tinggi sehingga dapat membuat jantung Anda sehat. 

Demikian adalah beberapa makanan sehat yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, semoga bermanfaat.