4 Pendapat yang Keliru seputar masalah Diabetes

4 Pendapat yang Keliru seputar masalah Diabetes - Saat ini diabetes diderita oleh orang Indonesia lebih dari 8 juta orang. Namun ternyata pengetahuan tentang diabetes masih sangat minim, bahkan banyak orang yang masih belum paham benar dengan apa itu diabetes, apa penyebab diabetes, bagaimana cara mengobati diabetes, dan berbagai pertanyaan lain tentang diabetes. Berikut ini adalah beberapa pendapat yang salah tentang diabetes, pemjelasan mengapa hal tersebut salah. 
informasi keliru diabetes

Pendapat Yang Salah Tentang Diabetes

1. Orangtua Diabetes, Anak Pasti Diabetes Juga

Pendapat bahwa penyakit diabetes pasti akan diturunkan kepada anaknya tidak sepenuhnya benar. Diabetes memang dapat diturunkan secara genetik kepada anak atau garis keturunannya. Anak dari penderita diabetes memang memiliki kemungkinan lebih besar untuk terserang diabetes, melebihi orang yang tidak memiliki riwayat diabetes dalam garis keturunannya. Namun hal tersebut tidak mutlak, kaerna pada kenyataannya banyak orang yang memiliki orang tua yang menderita diabetes bisa hidup sehat tanpa terserang diabetes sepanjang hidupnya.

2. Diabetes Hanya Menyerang Orang Berusia Lanjut/ Orang Tua

Hal di atas adalah pendapat yang salah tentang diabetes. Faktanya, saat ini semakin banyak terjadi kasus diabetes pada orang berusia muda. Pola makan yang salah dan tidak diimbangi aktifitas tubuh yang cukup akan memicu timbulnya diabetes.

3. Penderita Diabetes Tidak Boleh Makan Karbohidrat

Penderita diabetes memang diharuskan mengatur pola dan jenis makanan agar tidak memicu atau memperparah gejala diabetes. Namun pendapat yang mengatakan bahwa penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi jenis makanan yang mengandung karbohidrat adalah salah. Pendapat yang benar adalah: “penderita diabetes diperbolehkan mengonsumsi sumber makanan yang mengandung karbohidrat, dengan catatan makanan tersebut tidak mengandung kalori terlalu tinggi. Khusus untuk penderita diabetes akut sebaiknya menghindari makan nasi, sebagai gantinya mereka dianjurkan untuk mengonsumsi jenis makanan yang berbahan gandum atau jagung.

4. Penderita Diabetes Harus Rutin Disuntik Insulin

Sekali lagi, hal tesebut adalah salah. Penggunaan insulin secara rutin hanya diwajibkan pada penderita diabetes yang sudah akut, terutama ketika mereka menjalani perawatan oleh dokter. Pada orang yang sehat, insulin dapat diproduksi secara alami oleh pankreas. Cara alami untuk menjaga kesehatan pankreas adalah dengan menjaga pola makan, jenis makanan dan jumlah asupan makanan secara tepat. Olah raga juga berguna untuk meringankan kerja pankreas karena olah raga akan membakar kadar gula darah yang berlebihan. 

Satu-satunya cara alami untuk mencegah diabetes adalah dengan mengatur pola atau jenis makanan dan berolah raga secara teratur untuk menjaga metabolisme dan fungsi organ tubuh, dalam hal ini adalah pankreas yang berfungs sebagai pengatur lalu lintas gula dalam darah.