3 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Kulit

Alpukat adalah buah yang lezat dengan berbagai kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh. Kandungan nutrisi pada alpukat sangat bermanfaat bagi kesehatan, dalam hal ini bagi kesehatan kulit. Hal ini sangat menggembirakan bagi wanita yang senang dan sering menggunakan bahan alami sebagai bahan dasar perawatan kesehatan kulit mereka. Anda dapat menggunakan alpukat dengan mengonsumsinya secara langsung ataupun dengan mengoleskannya pada kulit sebagai masker agar kulit terlihat segar dan bersinar. 
 Manfaat Buah Alpukat

Berikut adalah beberapa manfaat alpukat bagi kesehatan kulit :

1. Lemak sehat
Alpukat sudah lama diketahui memiliki kandungan lemaknya yang tinggi. Tapi jangan khawatir, lemak pada alpukat adalah jenis lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menjaga lapisan kulit Anda dari sengatan sinar matahari serta mencegah resiko sensitivitas kulit dan peradangan. Lemak tak jenuh yang terdapat dalam alpukat bermanfaat untuk melembabkan dan membantu melembutkan kulit Anda. 

2. Antioksidan
Jika tubuh kita mencerna makanan yang tecemar polusi, maka tubuh akan menghasilkan produk sampingan yang biasa di sebut dengan radikal bebas. Radikal bebas sangat merusak sel kulit, maka antioksidan sangat diperlukan oleh tubuh untuk mengatasinnya. Kandungan antioksidan pada alpukat yang terdiri dari karotenoid, vitamin E dan vitamin C sangat bermanfaat untuk mengurangi kerusakan tubuh akibat radikal bebas. Selain itu, Lutein (salah satu jenis karotenoid) membantu menjaga kandungan air dalam kulit dan menjaga elastisitas kulit. 

3. Biotin
Biotin adalah sebutan lain dari vitamin B7 (bagian dari vitamin B kompleks) yang sangat diperlukan bagi kesehatan kulit. Kandungan biotin pada alpukat kurang lebih sebanyak 2-6 mikrogram atau antara 2-6 persen dari asupan harian. Jika tubuh Anda kekurangan asupan biotin, maka kulit Anda akan terasa kering, bersisik, bahkan mengalami ruam merah. Anda dapat menggunakan alpukat sebagai scrub atau masker untuk spa di rumah. Cara membuatnya cukup mudah, Anda dapat mengoleskan alpukat yang sudah ditumbuk halus pada seluruh tubuh secara merata, biarkan selam 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Anda juga dapat mengoleskannya pada wajah untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan. Anda dapat mengaplikasikan masker alpukat dengan menambahkan yoghurt atau madu secukupnya untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit terlihat awet muda dan bersinar. 

Demikianlah informasi tentang manfaat alpukat bagi kesehatan kulit, semoga bermanfaat untuk Anda.