Resep Tradisional Mengatasi Penyakit Diare ( Mencret ) dengan Bahan Alami

Deka Levta

Diare atau mencret merupakan suatu penyakit yang sangat mengganggu terutama untuk balita. Berdasarkan informasi dari badan kesehatan dunia ( WHO), diare merupakan penyebab banyaknya balita yang meninggal diseluruh dunia. Menurut kementrian kesehatan sebanyak 100ribu balita indonesia meningal akibat diare setiap tahunnya. lalu sebenarnya diare itu penyakit seperti apa?SUdah banyak makalah kesehatan yang membahas mengenai diare namun secara ringkas akan dibahas dalam blog ini seperti apa itu diare,gejalanya,pencegahan serta bagaimana mengatasi diare dengan bahan alami.

Apa itu Diare?

Diare merupakan suatu kontraksi usus yang sangat tidak nyaman dan mengeluarkan cairan secara terus menerus. Biasanya disebabkan oleh infeksi gastrointerninal oleh bakteri,virus ataupun parasit. Hal ini menyebabkan seseorang itu akan mengalami buang air besar dalam bentuk cairan lebih dari 3x dalam satu hari bahkan kadang disertai dengan muntah. Orang yang mengalami diare akan cepat mengalami dehidrasi karena tubuh terus mengeluarkan cairan.

Penyebab Penyakit Diare :

  1. Infeksi dari bakteri yang didapatkan dari mengkonsumsi makanan atau minuman yang tidak sehat.
  2. Infeksi oleh virus
  3. Alergi terhadap makanan seperti susu
  4. Masuknya parasit kedalam tubuh melalui makanan atau minuman
  5. Konsumsi alkohol yang terlalu banyak, apalagi saat perut tidak mengalami banyak asupan makanan.

Gejala Penyakit Diare :

  • Dehidrasi
  • Nafsu Makan Berkurang
  • Sering Muntah
  • Demam
  • Perut Terasa Mual
  • Berat Badan Turun
  • Kram Perut

Pencegahan Diare :

Pepatah mengatakan "Sedia Payung sebelum Hujan" maka dari itu sebelum sobat mengalami penyakit diare, ada baiknya dilakukan tindakan pencegahan. Berikut langkah pecegahan yang dapat dilakukan guna mengantisipasi munculnya penyakit diare :
1. Cucilah tangan dengan menggunakan sabun secara benar terutama pada lima waktu yang penting yakni 1)Sebelum Makan,2)Setelah Buang air besar,3)Sebelum memegang bayi,4)Setelah menceboki anak dan 5)sebelum mempersiapkan makanan;
2. Minumlah selalu air sehat, atau air yang telah dimasak terlebih dahulu;
3. Kelola sampah dengan baik seperti memisahkan sampah organik dan an-organik sehingga serangga pembawa bakteri ( lalat,kecoa,lipas,dan lain - lain ) tidak bisa mencemari makanan;
4. Buanglah air besar dan kecil pada toilet, selalu bersihkan toilet anda secara teratur.

Cara Mengatasi Diare secara alami

Jika anda sudah terlanjur mengalami penyakit diare maka secepatnya harus diatasi karena akan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Mengatasi penyakit diare bisa menggunakan obat yang sudah banyak dijual dipasaran namun tidak ada salahnya anda mencoba menggunakan bahan - bahan yang alami. Berikut beberapa resep dengan bahan alami yang dapat anda coba :

- Buah Delima

Ambil 2 buah delima lalu buang kulitnya. Panggang sampai menjadi kering lalu tumbuk sampai halus. Ambil 1 Sendok bubuk tersebut dan seduh menggunakan air panas untuk sekali minum. Lakukan 3x sehari

- Daun Jambu Biji

Ada tiga cara menggunakan daun jambu biji untuk mengatasi diare yakni 1)ambil 30gram daun jambu biji,tambahkan segenggam tepung beras dan air 1-2gelas lalu direbus. Minum air rebusan tersebut 2x sehari,2)ambil 3 lembar daun jambu biji yang masih segar lalu dikunyak dengan menambahkan sedikit garam. Kemudian anda telan. Lakukan dua kali sehari,3)6 Lembar daun jambu biji dicuci bersih,tumbuk sampai halus lalu beri secangkir air masak,peras,minum airnya. Minum 2 kali sehari.

- Resep Alami Diare pada Anak

Jika diare terjadi pada anak anda maka bisa menggunakan dua resep berikut, yakni 1) ambil dua helai daun mengkudu,cuci bersih lalu olesi minyak goreng, letakkan diatas api sampai daun menjadi layu. Letakkan helaian pertama diperut anak anda dan sehelai lagi dipunggung dekat dengan gurita,2)1 buah mentimun,cuci bersih,rebus,haluskan dan saring. Tambahkan madu pada air saringan tersebut. Minumkan untuk anak anda.

Demikianlah informasi singkat mengenai penyakit diare serta bagaimana cara mengatasinya. Jika semua cara anda coba namun tetap tidak kunjung sembuh maka sebaiknya anda mengunjungi dokter. Semoga dapat membantu anda. Terima Kasih.