Manfaat Puasa bagi Kesehatan Menurut Penelitian

Deka Levta

Bulan Ramadhan adalah bulan dimana seluruh umat Islam di seluruh dunia harus melakukan ibadah puasa. Lalu adakah manfaat puasa bagi kesehatan? Berpuasa, selain harus dilakukan sebagai ibadah, ternyata berpuasa terbukti sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Menurut The National Academy of Sciences, tanpa mengambil sudut pandang secara agama, berikut ini adalah beberapa manfaat puasa bagi kesehatan: 

Manfaat Puasa bagi Kesehatan

  • Puasa akan membantu membakar lemak yang berlebihan. Hal tersebut terjadi karena adanya perubahan asupan kalori secara drastis, karena itu puasa juga berfungsi sebagai shock therapy terhadap metabolisme tubuh untuk membakar lemak yang berlebihan.
  • Lemak akan menggantikan glukosa sebagai sumber energi, dimana hal tersebut dilakukan secara bertahap selama menjalani puasa. Penggunaan lemak sebagai sumber energi yang dilakukan secara perlahan akan mencegah kerusakan otot, mempertahankan massa otot, membantu mengurangi berat badan, dan dalam jangka panjang akan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  • Saat berpuasa, menurunnya berat badan akan meningkatkan sensitivitas insulin sehingga akan membantu dalam mengatasi diabetes dan menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Puasa berperan sebagai detoksifikasi atau proses pengilangan/ pengurangan racun dalam tubuh. Racun yang selama ini mengendap di lemak akan ikut larut lalu dikeluarkan dari tubuh.
  • Berpuasa selama beberapa hari akan meningkatkan produksi hormon endorfin yang berguna untuk meningkatkan fokus dan kewaspadaan.
  • Puasa akan membantu menghindarkan kita dari kebiasaan buruk yang merugikan kesehatan, misalnya merokok, minum minuman beralkohol, menggunakan narkoba, begadang sampai larut malam, dan lain-lain.
  • Puasa membantu mengendalikan nafsu makan. Sebagian besar orang ketika berbuka puasa hanya membutuhkan sedikit makanan dan minuman untuk membuat perut kenyang. Seharusnya itu membuat kita sadar dan bijaksana untuk menentukan banyaknya porsi makan yang seharusnya kita ambil, dan selanjutnya berusaha membiasakan diri untuk tidak makan secara berlebihan.
  • Puasa akan memperkuat motivasi untuk memperoleh tubuh yang lebih sehat. Berpuasa akan membuat Anda lebih disiplin tentang waktu makan, waktu istirahat, dan waktu beraktivitas.
  • Puasa akan mencegah beberapa penyakit kardiovaskular yang berhubungan dengan kolesterol. Berpuasa akan memperbaiki profil lipid darah, termasuk dalam hal ini adalah penurunan level LDL atau kolesterol buruk.
Walaupun penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa puasa dalam jangka waktu yang lebih panjang dapat beresiko terhadap kesehatan, tapi kita harus bersukyur karana Tuhan sudah pasti tahu akan keterbatasan umatnya, sehingga Tuhan hanya mewajibkan umatnya berpuasa selama 30 hari ketika bulan Ramadhan. Demikianlah informasi tentang Manfaat Puasa bagi Kesehatan Menurut Penelitian, semoga bermanfaat untuk Anda.