9 Jenis Kebiasaan yang menjadi Penyebab Jerawat

Deka Levta

Salah satu masalah pubersitas yang banyak menghantui para remaja baik pria maupun wanita adalah Jerawat. Dari dulu sampai sekarang masalah jerawat tidak pernah akan habis untuk dibahas. Banyak cara yang diperkenalkan dan dipercaya dapat menghilangkan jerawat baik secara medis maupun non medis alias alami. Sebelum melakukan treatment, anda harus tahu bahwa kebanyakan penyebab jerawat karena dipengaruhi hormon. 


Namun apakah hanya hormon yang menyebabkan munculnya jerawat. Ternyata, beberapa kebiasaan yang sering dilakukan juga menjadi faktor penyebab munculnya jerawat yang membandel. Jadi sebaiknya sebelum melakukan perawatan maka anda harus mengetahui secara detail kebiasaan buruk yang menjadi penyebab jerawat sehingga proses treatment tidak akan terganggu. Simak penjelasan Kebiasaan penyebab Jerawat dibawah ini :

Make Up Pembuat Iritasi

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika makeup dan tabir surya yang sering dipakai memiliki kandungan kimia yang dapat memunculkan jerawat. Lantas apakah kegiatan makeup dihentikan?Anda tidak harus melakukannya karena anda cuma harus jeli terhadap label bahan kimia yang ada pada makeup miliki anda. Berikut daftar bahan kimia tersebut :
  • Lanolin merupakan bahan kimia yang sangat tidak cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat karena dapat menyebabkan jerawat menjadi parah.
  • Mineral Oil akan membuat lapisan yang dapat menjebak sel kulit mati dan bakteri sehingga menyebabkan munculnya komedo di wajah.
  • Petroleum merupakan minyak sangat tidak cocok untuk kulit berminyak dan jerawatan.
  • Isopropyl Myristate merupakan bahan kimia yang dapat menyumbat pori - pori kulit wajah serta menyebabkan iritasi.
  • Parfum Buatan

Sering Mencuci Muka

Saat anda merasakan minyak diwajah semakin menebal maka kebanyakan akan mencuci mukanya. Hal ini bukan malah mengurangi minyak diwajah namun membuat sel sebum semakin memproduksi banyak minyak. Sebaiknya cuci muka dilakukan hanya 2x sehari yakni pagi hari dan malam menjelang tidur.

Sering Memegang Wajah

Kadang kala tanpa kita sadari kebiasaan yang satu ini sering kali dilakukan. Kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan yang tidak bersih akan membuat jerawat semakin tumbuh. Selalu jaga kulit wajah untuk tetap bersih dan sebisa mungkin kurangi kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan kotor. Sebaiknya sediakan selalu hand sanitizer gel yang bisa dibawa kemanapun.

Hindari Stress

Saat tubuh mengalami stress maka hormon stress akan memunculkan jerawat

Laundry

Perlengkapan tidur seperti sprei,sarung bantal serta handuk merupakan peralatan yang selalu anda gunakan setiap hari dan sudah pasti menjadi tempat bakteri berkembang biak. Peralatan tersebut dapat menjadi penyebab munculnya jerawat jika anda tidak melakukan perawatan dan menjaga kebersihannya. Buatlah jadwal mencuci perlatan tersebut secara teratur.

Alat Makeup Tidak Bersih

Jangan menggunakan perlatan makeup seperi brush,puff,spons serta kuas dalam keadaan kurang bersih karena dapat menyebabkan jerawat muncul.

Parfum Pada Wajah

Percaya atau tidak ada beberapa orang yang kadang menyemprotkan parfum kewajahnya. Hindari kebiasaan ini karena kandungan dalam parfum dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi dan jerawat muncul.

Malas Melakukan Rutinitas

Sebaiknya kurangi rasa malas anda yang menyangkut kebersihan seperti malas mencuci muka sebelum tidur,tidak mencuci tangan serta menggosok gigi. Biasakanlah budaya hidup bersih terutama bagian wajah jika anda tidak ingin memiliki wajah berjerawat.

Berjemur

Sinar matahari pagi sangat cocok untuk kesehatan kulit anda sehingga dianjurkan bagi anda berjemur dipagi hari. Namun jangan terlalu lama karena akan membuat kulit menjadi kering sehingga kulit akan memproduksi lebiih banyak minyak.

Semoga informasi mengenai kebiasaan penyebab jerawat diatas akan membantu proses treatment yang anda lakukan. Dapatkan informasi mengenai cara menghilangkan jerawat lainnya blog ini. Terima Kasih.