8 jenis Makanan yang menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh secara cepat

Saat kadar kolesterol melebihi ambang batas dalam tubuh akan menimbulkan rasa cemas setiap orang dimasa tua. Namun hiperkolesterol datang dengan tidak memandang gender maupun status sesorang. Siapa saja bisa terkena baik pria,wanita,muda maupun remaja. Kadar Kolesterol yang tinggi sangat berbahay karena dapat memicu munculnya banyak penyakit seperti jantung,diabetes ataupun hipertensi. Banyak faktor yang dapat dijadikan alasan untuk munculnya kadar kolesterol tinggi dalam tubuh seperti keturunan,sering memakan junkfood ataupun kurang berolahraga. 

Proses pencegahan hiperkolesterol dibilang cukup mudah karena hanya perlu membiasakan diri untuk melakukan pola hidup yang sehat. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat. Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang dapat anda masukkan sebagai menu setiap hari guna mengendalikan dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Langsung saja simak :

8 Jenis Makanan pengendali Kadar Kolesterol

1. Kacang Pohon

Jenis tanaman kacang pohon cocok sekali buat anda karena kandungan lemak jenuhnya lebih rendah dan asam lemak tak jenuhnya tinggi. Beberapa jenis kacang pohon yang dapat anda konsumsi adalah almond,walnuts,pistachio,chestnut serta pecan. Dalam suatu riset kacang pohon terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol lebih tinggi sekitar 19% dibandingkan diet western.

2. Lemak Ikan Salmon


Ikan salmon sudah terkenal akan kandungan lemak omega 3nya yang sangat diperlukan untuk mengatasi masalah kolesterol tinggi. Selain itu omega-3 juga memberikan manfaat untuk mengatasi tekanan darah dan mengurangi resiko pembekuan darah.

3. Gandum

Mengkonsumsi gandum setiap pagi akan memberikan manfaat dalam menjaga kadar kolesterol. Penelitian menyebutkan dengan mengkonsumsi dua porsi gandum setiap hari dapat mengurangi kadar kolesterol jahat sekitar 5,3%. Hal ini disebabkan gandum memiliki kandungan zat beta-glukan.

4. Olahan Kedelai

Beruntunglah bagi anda orang indonesia yang menyukai tempe dan tahu karena makanan yang berbahan dasar kedelai terbukti ampuh mengatasi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu asupan protein yang diperlukan tubuh juga bisa anda dapatkan.

5. Minyak Zaitun

Bahan alami yang satu ini sudah hampir dipastikan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun mampu menurunkan kadar kolesterol jahat serta trigliserda namun tetap menjaga kolesterol baik.

6. Bayam


Jika anda pernah menonton film kartun popaye maka bayam merupakan makanan yang sering dimakan oleh popaye untuk menambah staminanya. Bayam memiliki kandungan lituen yang dapat membantu anda mengatasi masalah kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu bayam juga dapat mencegah penyakt jantung dan osteoporosis.

7. Bawang Putih

Mungkin terdengar sedikit aneh jika anda mau mengkonsumsi sekitar 1/2 siung bawang putih mentah setiap hari. Namun hal ini jangan dipikirkan karena dibalik itu semua ada manfaat yang dihasilkan. Riset membuktikan dengan melakukan hal itu maka anda akan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Selain itu, bawang putih juga bisa membantu pembekuan darah,menurunkan hipertensi serta menjaga aliran darah dalam tubuh.

8. Cokelat


Hobi makan cokelat maka tubuh anda akan terbebas dari kolesterol jahat. Penelitian menyebutkan bahwa cokelat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan zat pengurang kolesterol. Mengkonsumi setidaknya 100 gram sehari akan membantu masalah radiovaskule sekitar 21%.

Masih banyak lagi jenis makanan sehat lainnya yang dapat anda konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Namun tidak ada salah memasukkan 8 jenis makanan diatas dalam menu anda. Sehat itu mahal karena ketika anda sakit maka tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan. Jadi sebaiknya jaga kesehatan anda selagi bisa.