5 Tips Sehat Mudik Lebaran Bersama Keluarga

Deka Levta

Hari-hari menjelang Lebaran, suasana mudik pada tahun ini terlihat mulai H-10, jalan-jalan ibukota mulai lengang dan barisan kendaraan umum juga terlihat lebih lancar.Bagaimana persiapan mudik pulang kampung Anda dan keluarga tahun ini? Pasti kita semua menginginkan mudik lebaran yang aman, nyaman sehat.
Sebagian dari Anda pasti sudah mempersiapkan segala sesuatu untuk melakukan perjalanan mudik yang biasanya akan sangat melelahkan, mulai dari performa kendaraan pribadi, tiket kendaraan umum, dan tentunya uang yang cukup. Tetapi apakah Anda sudah mempersiapkan kesehatan? Nah, kali ini kami akan berbagi tips supaya mudik Lebaran Anda bersama keluarga tetap aman, nyaman dan sehat: 

Tips Sehat Mudik Lebaran Bersama Keluarga

5 Tips Sehat Mudik Lebaran Bersama Keluarga

Berolahraga Rutin Menjelang Mudik Lebaran:

Sebenarnya olahraga harus kita lakukan rutin dan teratur, bahkan pada hari-hari biasa. Tapi untuk Anda yang selama ini lalai berolahraga, sangat disarankan untuk berolahraga 3 hari sebelum mulai melakukan perjalanan mudik lebaran.
Olah raga menjelang mudik lebaran akan meregangkan otot dan membuat tubuh tetap bugar. Ketika mudik, Anda akan lebih banyak duduk, dan hanya bisa sedikit bergerak. Hal tersebut akan mengakibatkan otot kaku dan menimbulkan rasa nyeri sendi, bahkan ada bagian bagian tubuh yang menjadi bengkak, misalnya kaki.
Anda dapat melakukan beberapa jenis olahraga ringan, misalnya jogging selama 30 menit pada sore hari menjelang waktu berbuka puasa.

Konsumsi makanan bergizi:

Menjelang mudik lebaran, perbaiki konsumsi makan Anda. Pilihlah jenis-jenis makanan bergizi yang mengandung protein dan karbohidrat sebagai sumber tenaga.
Perbanyak juga konsumsi serat, karena kandungan serat yang terdapat pada sayur dan buah akan membantu menjaga mejga vitalitas dan kebugaran selama dalam perjalanan mudik lebaran. Sebisa mungkin hindari bahan makanan yang mengandung gas, misalnya kubis, buncis, brokoli, sawi putih dan bawang.

Perbanyak Minum Air Putih Menjelang Mudik Lebaran:

Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan meminum air putih atau jus buah, setidaknya 8 gelas sehari. Air putih dan kandungan zat yang terdapat dalam buah yang sehat akan memantu menghilangkan racun-racun yang terdapat dalam tubuh. Cairan yang cukup akan membantu proses penyerapan sari makan dalam organ pencernaan.

Cukup Tidur Sebelum Melakukan Perjalanan Mudik Lebaran:

Agar badan Anda lebih fit, usahakan tidur sedikitnya 6 hingga 8 jam sebelum Anda melakukan perjalanan mudik lebaran. Cukup tidur akan membuat tubuh Anda lebih bertenaga dan terhindar dari tubuh yang lemas, khususnya bagi Anda yang mengemudi.
Sebaliknya, untuk Anda yang mudik lebaran menggunakan kendaraan umum, maka manfaatkanlah perjalanan untuk berisitirahat. Yang harus diperhatikan adalah mengatur posisi tidur sedemikian rupa agar tubuh tidak pegal, kesemutan atau kram.

Jangan Tinggalkan Sahur !!

Mudik tentunya dilakukan pada waktu bulan puasa, karena itu Anda harus tetap makan sahur. Selama Anda mampu, sangat disayangkan apabila Anda melewatkan 1 hari saja dengan tidak berpuasa. Apabila Anda benar-benar mempersiapkan fisik dan mental dengan baik, seharusnya perjalanan mudik lebaran tidak mengganggu ibadah puasa Ramadhan. 

Mudik lebaran adalah kebiasaan yang sudah sangat membudaya di masyarakat Indonesia. Tanpa mudik, momen lebaran terasa belum lengkap. Perjalanan mudik lebaran yang melelahkan tentu membutuhkan persiapan yang lebih dibandingkan aktifitas sehari-hari. Karena itulah mudik yang aman,nyaman dan sehat harus Anda persiapkan sedini mungkin. Demikianlah 5 Tips Sehat Mudik Lebaran Bersama Keluarga. Semoga bermanfaat untuk Anda.