6 Cara Pengobatan Panu Tradisional dan Alami secara Efektif

Deka Levta

Salah satu penyakit kulit yang dapat membuat rasa percaya diri luntur adalah Panu. Jika dibandingkan penyakit lainnya maka panu bukan termasuk penyakit yang berbahaya. Namun, panu diidentikan muncul pada orang yang jorok padahal panu disebabkan oleh jamur dan tentu saja bisa menyerang siapa saja baik dia jorok atau tidak. Menurut wikipedia, warna penderita panu berbeda - beda tergantung jenis kulitnya dan yang jelas jika dibandingkan warna kulit maka warna panu akan terlihat jelas. Panu biasanya muncul pada area yang banyak mengeluarkan keringat seperti dada,lengan, leher, perut, kaki, ketiak, lipatan paha, muka dan kepala. Rasa gatal yang ditimbulkan oleh panu akan terasa sangat menggangu apalagi jika dalam keadaan ramai orang tentu saja akan membuat minder.

Pengobatan Panu

Banyak cara yang dapat anda gunakan untuk memberantas penyakit kulit ini. Salah satunya dengan menggunakan obat luar untuk penyakit kulit. Namun cara ini cukup beresiko karena biasanya obat luar akan memberikan efek yang panas terutama obat yang berbentuk cair. Sudah menjadi kebiasaan kita menganggap jika obat yang dioleskan menjadi panas pada bagian berpanu menandakan bahwa obat itu bekerja efektif. Hal itu sepenuhnya benar namun sebaiknya dihindari seminimal mungkin karena ada sebagian jenis kulit yang rentan terhadap obat jenis ini. Lalu bagaimana cara mengatasi panau tanpa menyebabkan kulit iritasi?Saat ini zaman telah mengerti pentingnya tanaman herbal yang alami maka dari itu sebaiknya kita menggunakan cara yang alami untuk memberantas panu dikulit. Berikut ini ada beberapa bahan alami yang dapat anda coba :

1. Lengkuas

Lengkuas, bumbu dapur yang satu ini ternyata memiliki khasiat untuk menghilangkan panu. Ada 2 cara yang dapat anda gunakan :
Pertama : Ambil sepotong lengkuas yang segar lalu dicuci,memarkan salah satu ujungnya, bagian yang dimemarkan dan berserabut anda celupkan pada 1 sendok makan cuka,bersihkan dahulu bagian yang berpanu lalu sapukan kedua ujungnya pada bagian yang berpanu. Lakukan cara ini selama 2-3 kali sehari
Kedua :Lengkuas segar yang berukuran seibu jari dicuci bersih,parut, 10 lembar daun belimbing wuluh dicuci,tumbuk semuanya secara bersamaan satu sendok teh kapur sirih dan garam,oleskan pada bagian yang berpanu 2-3kali sehari sampai sembuh.

2. Jahe

Ambil 2 ruas jahe dan segengam daun turi yang telah bersih, balurkan pada kulit yang berpanu

3. Akar Landep

Ambil akar landep secukupnya lalu digiling sampai halus, tambahkan perasan air jeruk nipis,aduk keduanya sampai tercampur merata,tempelkan pada area berpanu secara rutin 2x sehari.

4. Bawang Putih

Bawang Putih ternyata mmpunyai khasiat memberantas panau. Ambil satu siung bawang putih lalu iris menjadi 2 bagian. Gosokkan bagian yang bergetah pada area panu anda. Lakukan secara rutin dua kali sehari yakni pagi dan sore setelah mandi.

5. Lidah Buaya

Aloe Vera ternyata tidak hanya membantu menyuburkan rambut. Tanaman ini juga dapat membantu anda menghilangkan panu yang membandel.Ambil satu batang lidah buaya lalu belah dan gosok bagian yang berlendir pada area berpanu. Biarkan sampai menjadi kering dan kemudian bilas bersih dengan air hangat.

6. Sari Cuka Apel

Sari cuka apel telah menjadi resep umum untuk menghilangkan panu. Ambil satu sendok teh cuka apel lalu campurkan dengan secangkir air. Oleskan campuran tersebut pada area berpanu.

Banyak cara lainnya yang dapat anda gunakan untuk memberantas panu. Namun, jika panu anda tidak kunjung sembuh maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit. Semoga bermanfaat.